Cara Mengurus Pindah Sekolah

Jaman sekarang untuk urusan pindah sekolah anak gak seribet jaman baheula, jamannya saya sekolah doeloe. Dulu tuh yaa…berasa ribet banget, karena banyak ‘pintu’ yang harus dilewati.

Kalau sekarang semua sistem sudah online, setiap anak sekolah juga memiliki NISN (nomor induk siswa nasional), disitu terdapat nomor registrasi yang bakalan dipakai dari mulai kelas 1 SD sampai kelas 12 atau kelas 3 SMA…lulus sekolahan (jadi kartu itu gak boleh hilang).

Jadi ketika anak akan pindah, terlebih dahulu mencari sekolah tujuan, karena ketika laporan ke bagian administrasi sekolah, kita akan diberikan blangko surat permohonan keluar dari sekolah. Nah dalam blangko itu harus ditulis lengkap nama sekolah beserta alamat lengkap sekolah yang akan dituju. Sebaiknya pindah sekolah dilakukan ketika awal tahun ajaran baru atau awal semester, karena untuk sekolah-sekolah unggulan, mereka hanya mau menerima siswa pada saat itu saja, itu pun tergantung jumlah kuota, jika sudah penuh, mereka biasanya tidak mau menerima siswa baru. Bagaimana jika harus pindah pada tengah semester, seperti yang terjadi pada Naufal? Apalagi pindahnya jauh di luar pulau yang belum pernah kita datengin sebelumnya. Nah, kemarin ini apa Noor duluan yang pindah ke sana, begitu sampai, dia langsung gerak cepat hunting sekolah. Saya ikutan hunting juga lewat internet, sudah banyak kok sekolah yang memiliki website. Betul saja, sekolah-sekolah unggulan tidak mau menerima siswa baru pada pertengahan semester, selain karena kuota sudah penuh. Alhamdulillah dapet sekolah swasta yang cukup baik di kota Balikpapan, dan mereka bersedia menerima Naufal sebagai muridnya.

Okeh, kembali lagi ke blangko surat yang harus saya isi tadi. Surat tersebut akan dijadikan tembusan ke Dinas Pendidikan, untuk pengurusan validasi NISN. Makanya kenapa nama sekolah dan alamat lengkap harus dicantumkan dan harus sudah pasti anak kita diterima di sekolah tersebut, karena kalau belum pasti, belum bisa di validasi. Jaman sekarang semua sekolah terdaftar di Dinas Pendidikan,bisa dicheck secara online melalui internet, proses validasi pun memakan waktu singkat, karena hanya mengubah nomor register sekolah saja.

Nah, kalau di SD Al Azhar 20 Cibubur kemarin, saya hanya menyerahkan blangko surat permohonan pindah sekolah, kemudian yang jalan ke Dinas Pendidikan adalah bagian administrasi sekolah. Gak pake lama kok, bahkan kata ibu pegawai administrasinya, sehari juga jadi untuk proses validasi.  Selesai vaidasi NISN, saya sudah diberi satu paket dokumen dari sekolah asal yang berisi : buku rapot, surat pindah dari sekolah, rekap nilai,dan  surat dari dinas pendidikan setempat. Kemudian di tempat yang baru, smeua dokumen tinggal diserahkan saja, beres.

143 thoughts on “Cara Mengurus Pindah Sekolah

  1. Oiya satu lg kmrn2 itu suami saya smpet tnya sama kepala skolah,disekolah asal gmn qlo ortu ga bs ngurus sndri ke dinas pendidikan eh qt di tembak ya udah bpak siapin aja dana sekita 500-700rb yg namanya ngurus bgnian kan byak amplop2ny tuh pak..jegeeerrr berasa kesamber geledek knp biaya pindah ama msuk skolah dlu 3x lipet bedanya
    Pdhl skolah negri n dikampung/dusun bgt (sdn Sukamanah Jonggol)

  2. Met kenal Mba, saya berniat memindahkan anak saya dari madrasah ibtidaiyah tangerang, ke sd negri di dki. tapi ternyata nyari sekolah sd negri yg mau trima murid lagi tidak gampang. kalau pihak sekolah lama tidak bisa bantu untuk urus NISN , agak ribet gak ya mba buat urus sendiri ? trus mba menurut pendapat mba, apa di pindahkan nya ke madrasah ibtidaiyah dki aja ya ?

  3. assalamualaikum. mba kalo pindah sekolah dari smk negri ke smk negri yang satu jurusan bisa ga ya?

  4. tapi enaknya dulu, klo mau pindah sekolah bisa kapan aja, klo sekarang harus ribet ngurus surat2 kelengkapanya, al hasil harus cuti sekolah hingga tahun depan/terlambat menerima materi pada tahun tsb.

  5. ma’af no mba anak. sy jg mau pindah skolah dari swasta ke sd negri…
    soo lapor ksekolah,an lama / baru yaaa ? pleash info sy. ngga ngerti sama skali
    adapun skolahnya Sama” di kranggan BEKASI

    • Bapak cari dulu calon sekolah barunya,survey dan tanya2 ke kepala sekolahnya. Kalau sekolah baru sdh oke dan anaknya positif diterima,Bpk tinggal lapor ke kepala sekolah lama bahwa anak Bpk mengajukan pindah sekolah.

  6. Selamat sore, anak saya sekolah di Singapura sejak kelas 5 primary (SD), sekarang sudah hampir selesai secondary. Saya ingin memindahkan sekolahnya kembali ke Jakarta. Bagaimana caranya ya ?
    Mohon bantuan penjelasannya. Terima kasih.

  7. permisi..
    saya mau bertanya.
    saya kan sekarang kelas 10, saya diterima di sman 3 surabaya, tpi sya tidak kerasan disana karena terlalu jauh dari rumah saya.
    saya ingin pindah ke sman 8 surabaya. bisakah??
    mohon bantuannya.

  8. bu saya mau tanya nih, kan adek saya udah pindah ke sman bandung, terus dia nggak betah nih, dia mw pindah lagi ke sma swasta di belitang, gimana tata caranya yah?? emmm….dia memutuskan untuk berhenti selama satu tahunn,,,bisa gk yah dia ngulang lagi kelas 2 sma??

  9. permisi…
    saya mau tanya saya kan sekolah di sma swt rk bintang timur kota pematangsiantar
    termyata saya tidak kerasan karena nilai saya anjlok, alhasil saya mau pindah ke sma swasta gkps 1 pematangraya kabupaten simalungun, apa bisa saya pindah sekolah bulan ini?? soalnya sekolah yang dituju katanya sih oke oke aja, karena udah di konfirmasi…. mohon balasannya….

  10. permisi…
    saya rencana mau pindahin sekolah anak dari smp n di jakarta ke smp n di bandung, prosesnya gimana yah…?

    terima kasih , mohon infonya.

    wassalam,

    • pertama bapak cari dulu calon sekolah baru di bandung, datangi sekolahnya dan carilah informasi melalui kepala sekolah, carilah kepastian apakah anak bapak bisa mandaftar di sekolah tersebut, setelah bapak mendapat kepastian bahwa anak bapak diterima di sekolah tersebut, baru bapak urus kepindahan di jakarta, caranya lapor ke kepala sekolah bahwa anak bapak akan pindah ke bandung, minta surat pengajuan pindah dan mengurus validasi NISN ke kantor diknas setempat
      Mengenai prosedur pindah dan mendaftar sekolah bisa bapak dapatkan informasinya dari kepala sekolah dan tata usaha sekolah.

    • tergantung kesepakatan dengan kepala sekolah dan orang tua, alasan ortu memindahkan anak apa? BUnda sudah coba bertanya langsugn kepada kepala sekolah?

  11. mba mau nanya donk, ade saya yang sekolah di pesantren tanggerang mau di pindahin ke menado. semisal saya dateng ke calon sekolah trus diberi ijin apa mesti bawa surat persetujuan dari sekolah di menado sebelum diserahkan ke sekolah yang sekarang? trus, apa semua sekolah mau ngurusin pindahan murid mereka ato mesti wali yang ngurus? kira2 bisa gak yah kalo saya yang pergi urusin bukannya orang tua?
    tolong dijawab yah mba, ade saya lulus smp tahun depan jadi mau secepatnya cari informasi, abis kata tante2 saya ngurusnya lama dan susah :(

    • saran saya sebaiknya Mba langsung mendatangi kepala sekolah tempat adik Mba sekolah sekarang untuk menanyakan bagaimana syarat pindah ke pesantren di tangerang

  12. Klo pindah ke luar provinsi apa hrs ke dinas pendidikan provinsi jg kah ato cukup smpai d dinas pendidikan kabupaten? Trims infonya

  13. Bu saya mau tanya saya dari SMPN Jakarta timur , mau pindah ke SMPN Jakarta Selatan ,Gimana caranya ya bu??? saya tunggu secepatnya

  14. Siang bu, kalau pindah sekolah antar sman apakah harus memenuhi nilai standar minimal di sekolah tujuan? bagaimana kalau nilai anak di sekolah asal anjlok, apakah masih bisa di terima di sekolah yang di tuju? mohon pencerahan.terima kasih.-

  15. permisi mbak,saya mau nanya?
    ortu saya mau pindah provinsi pada tengah semester kira” saya diterima gk ya mbak di sekolah yg saya tuju karna saya ini pindah pada tengah semester dan bagaimana ngurus pindahan dari sekolah saya yg lama ke sekolah yg baru

  16. Mba saya kan sekarang kelas 10 semester 2 di salah satu SMK negeri di Jakarta, saya ga betah di SMK saya ingin pindah ke SMA Negeri, bagaimana caranya? Tolong di bantu yaa mba, terima kasih

Leave a Reply

