Ramadhan 1431 H

Pada Ramadhan kali ini, saya tanamkan niat yang kuat untuk mulai mengajarkan Naufal ibadah shaum dan ibadah lainnya yang ada di bulan suci ini. Papanya sempet ragu, karena ini adalah pertama kalinya Naufal shaum, jadi sebaiknya dilakukan bertahap, misalnya puasa hanya sampai setengah hari, tarawih sesempatnya saja dsb. Tapi saya ngotot, bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk mulai mengajarinya beribadah. Karena di tangan orang tualah terletak kewajiban untuk membimbing anak-anaknya menjadi anak-anak yang soleh dan taat kepada Tuhannya. InsyaAllah, hati saya sudah siap, apapun yang akan terjadi saya pasrahkan pada Allah (soalnya Naufal itu kan badannya ringkih), saya yakin Allah akan memudahkan Naufal dalam menjalankan ibadah di bulan suci ramadhan.

Alhamdulillah, sampai hari ke-3 Naufal berhasil menamatkan shaumnya sampai magrib, tak lupa sebelum shaum dia pun ikut sahur, meskipun sahurnya masih saya suapi🙂. Dibangunkan sahur tidak terlalu susah, jam 4 kurang saya basahi tangan saya dengan air seraya mengucap bismillah, saya usapkan tangan saya ke wajahnya Naufal, sambil membangunkannya pelan-pelan. Alhamdulillah dengan cara demikian, Naufal gampang sekali dibangunkan untuk sahur (yaaa…..masih ada acara digendong sama saya juga sih, tapi nggak masalah, yang penting dia mau bangun tanpa ngamuk-ngamuk…hehehe).

Shalat 5 waktu dikerjakannya setiap hari, ditambah shalat sunah dhuha dan shalat tarawih di mesjid setiap malam.

Hari pertama buka puasa, saking senangnya pas beduk dia langsung minum air putih, ehhh…gak lama trus muntah. Tapi setelahnya nggak apa-apa kok. Dia senangnya buka puasa minum susu coklat dingin, dan makan pisang goreng. Itu aja, nggak minta yang lain-lain.

Semoga ibadah kita lancar sampai 30 hari ya Nak ! Amin.

Leave a Reply

