Masih Kangen

Sejak kejadian tabrakakn beruntun di jalan tol waktu pulang mudik dari Bandung tempo hari, saya dan suami memutuskan tidak pulang ke Bandung dalam jangka waktu yang agak lama. Karena sebagian tabungan kami terkuras untuk biaya perbaiakan dan service mobil.

Tapi kami mendapat kabar kalau Enin (neneknya suami) sakit parah di Bandung. Mau nggak pulang kok ya kepikiran terus, mau pulang ya itu dia…duitnya kagak ada..heuheu… Eh, selain itu kebetulan banget tgl 18-20 Oktober ini Naufal UTS. Tapi setelah dipikir-pikir….akhirnya kami putuskan untuk ke Bandung untuk menjenguk Enin yang sedang diopname di RS. Rencananya hari sabtu subuh berangkat, dan pulang sore harinya.

Menjelang hari H, Naufal sakit….langganan batuk-batuk+muntah-muntah *ternyata di kelasnya sedang wabah flu-demam-batuk* Sempet ragu sih, mo jadi apa enggak berangkat ke Bandung. Takutnya Naufal tambah parah, mana hari Seninnya dia kan mau UTS. Saya ama suami berdoa minta supaya rencana keberangkatan dilancarkan, dan Naufal nggak sakit. Alhamdulillah doa kami dikabulkan, kami pun jadi berangkat ke Bandung Sabtu subuh 16 Oktober 2010.

Di perjalanan masih menyisakan trauma, suami juga nyupirnya extra hati-hati. Jaga jarak sangat aman *baca: jarak ke mobil depan jauhhh* dan sedikit-sedikit ngerem. Jadilah jarak tempuh Jakarta-Bandung yang biasanya untuk ukuran lalu lintas yang lengang seperti itu bisa ditempuh hanya dalam waktu dua jam, ini jadi tiga jam🙂 Saya nggak kalah stressnya, karena masih trauma banget dan anak-anak di jok belakang amat sangat hebohhh sekali . Saya pikir mereka akan tidur di perjalanan, karena mereka saya bangunkan jam 4 subuh, eehhh…entah karena sangat antusias mau ke Bandung, mereka nggak tidur sama sekali, malah bikin kegaduhan, teriak-teriak, ketawa-ketiwi, ampunnnn dehh.

Alhamdulillah kami sampai di Bandung dengan selamat. Langsung ke rumah nitip anak-anak di Mbah Akung + Nenek, lalu saya dan suami berangkat jemput Mamah + Papap mertua menuju RS tempat Enin dirawat.

Sebetulnya ketika kami datang, kondisi Enin sudah membaik. Tapi saya sedih melihatnya, kasihan…udah sepuh *umurnya 91th*sudah banyak kondisi fisiknya yang menurun…yaaa maklum Enin sudah sepuh. Ketika melihat matanya, terbayang perjuangan beliau ketika harus berjuang merawat dan menafkahi anak-anaknya seorang diri *suami Enin adalah seorang pejuang AU, ketika jaman penjajahan belanda, bertugas di Yogyakarta, sebagai teknisi pesawat terbang, suatu ketika ada serangan udara….Enin kala itu sedang bekerja, anak-anak di rumah, sedangkan Aki juga sedang bekerja di pangkalan udara, karena serangan udara itu keluarga Aki kocar-kacir….anak-anak mereka sempat terpisah dari ortunya, dan sempat nggak bertemu selama bertahun-tahun dengan Aki dan Enin, padahal waktu itu Papap mertua masih balita, akhirnya mereka bertemu lagi dengan Enin, tapi tidak bisa bertemu dengan Aki, karena konon kabarnya Aki ditangkap oleh Belanda…dan entah bagimana nasibnya sampai sekarang tidak ada yang tau, hanya namanya tertulis di monumen di makam pahlawan di Yogyakarta. Sejak itu Enin berusaha menghidupi anak-anaknya sampai bisa hidup mandiri.*

Di RS lumayan lama….ba’da dhuhur kami pamit. Anak-anak udah nelponin terus dari rumah. Hanya sebentar istirahat di rumah, ba’da ashar kami pamit pulang. Sebelum pulang mampir dulu di rumah mertua, ba’da isya kami pamit pulang ke jakarta.

Hujan mengiringi kami sepanjang perjalanan ke Jakarta. Dan alhamdulillah kami sampai di Jakarta dengan selamat. Anak-anak sudah tidur lelap sejak dari Bandung.

Malam itu rasanya nggak percaya…..tadi siang ke Bandung, rasanya masih kangennnnn banget. Belum sempat saya ngobrol banyak dengan Mama di rumah. Karena capek saya tertidur, tapi masih dengan perasaan yang getir…sedihhh…karena saya masih kengen dengan Mama di Bandung….:(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s