About Milis Sehat(2 ) Saya dan Keluarga Bersama Milis Sehat

Family Gathering Milis SEHAT 30 April 2011
Sekolah Cikal, Jl. TB. Simatupang Jakarta


“Semoga di era mereka, konsep RUM sudah tidak dianggap aneh menjadi bagian dalam pelayanan kesehatan di masyarakat, amin”

Gabung di milis inisekitar tahun 2006,waktu Raditya masih di dalam perut.
Pertama gabung, merasa aneh dengan tanggapan dari Smart Parents yang menanggapi tentang penyakit langganan anak. Belum lagi setiap hari selalu kebanjiran e-mail (arus e-mailnya kenceng banget). Setelan settingnya masih Digest Mail, baca pun masih sambil lalu (karena ‘keanehannya’ itu).

Milis SEHAT adalah milis yang mengedukasi agar kita menjadi pasien yang cerdas antara lain membahas tentang ilmu kesehatan anak dan konsep RUM (Rasional Use of Medicine).

Berulang kali diajak Dinny KAA ikut PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak), tapi adaaa aja alasan yang akhirnya bikin saya nggak jadi ikut (padahal udah bayar).
Akhirnya saya membuka ‘mata’ karena Naufal si sulung yang dari kecil ringkih (dikit-dikit sakit), 2 minggu sekali ke dokter, dst, dst… Rasanya sudah browsing kesana kemari kok ya nggak ada jawaban yang rasional mengenai penyakit Naufal, sementara pada saat yang bersamaan saya masih cuek dan merasa nggak sreg sama si milis (dibaca hanya sekilas saja). Kebetulan masih keep in touch sama Dinny KAA (sering latihan bareng bikin kue di markas Dapur Bunda Bandung). Dinny pernah kasih saya materi PESAT yang saya nggak jadi-jadi dateng itu tu. Saya baca deh di rumah…barulah…”Ooohhh….begini toh maksudnya”. Maka sejak saat itu, saya mulai melirik si milis, saya ubah setelannya jadi yang biasa, saya ikuti pelan-pelan, pelajari kasus-kasus yang ada. Beberapa kali saya ajukan pertanyaan seputar penyakitnya Naufal (langganan demam-batuk-muntah), dapet tanggapan sadis tegas dari member di sana (masa anak saya batuk non stop plus muntah-muntah, pas saya tanya pakai obat batuk apa, ehhh malah pada jawab : batuk itu nggak perlu pakai obat, kasih aja minum yang banyak, ada lagi yang bilang obat batuk yang mengandung codein itu bahaya untuk anak-anak)….huftttt….musti tarik nafas dulu nih, ada perasaan disepelekan dan sakit hati…ergghhh…”Kalian sih gak tau gimana sakitnya anak saya, makanya gampang banget ngomong seperti itu”.

Untungnya saya tuh orangnya penasaran…dikasih tanggapan begitu di milis, bikin saya penasaran, apa benar ya demam itu bukan penyakit melainkan alrm? apa iya ya…demam-batuk-pilek-diare itu penyakit langganan anak yang disebabkan oleh virus, yang bisa sembuh sendiri tanpa obat-obatan apalagi antibiotik? Yuk, mari kita buka lagi makalah dari Dinny. Bolak baliklah saya baca itu makalah. Dan saya semakin rajin memantau milis, plus mulai sedikit demi sedikit praktek ke Naufal.

Banyak bangettt perubahan yang terjadi dalam keluarga kecil saya karena milis ini. Terutama Naufal sebagai anak pertama, banyak salah kaprah dalam merawatnya, untung belum terlambat. Akhirnya bisa menerapkan guideline ketika dia sakit, melepas susu-susu formula bermerk dan berharga mahal, belajar manajemen ASI,MPASI yang sehat dan alami untuk Raditya, belajar menangani KD (Kejang Demam) yang dialami Raditya, berkenalan dengan HFMD, chicken pox dll.

Ilmunya saya kejar sampai nekad ikut PESAT 2 Tangerang khusus Bab Demam (gara-gara Radit kejang demam). Cerewet nanya-nanya terus ke Dinny KAA soal guideline common problem (Din, hatur nuhun pisan…semoga semua amal kebaikanmu mendapatkan balasan setimpal dari Allah SWT, amin) saya sering telpon or sms Dinny di pagi buta or tengah malam.

Kesan saya pertama kali ikut PESAT…bermanfaat banget!!! (nggak sebanding deh dengan uang akomodasi yang saya keluarin ketika itu, kebayang kan jauh-jauh dari Bandung ke Tangerang). Penyajiannya beda dengan kalau kita mantengin milis. Dan setelah ikut PESAT untuk yang pertama kalinya, rasanya makin mantap dan ketagihan ikut PESAT…hihihi🙂

Oh iya saya juga akhirnya bertemu dengan founder milis SEHAT, dr Purnamawati, SPAK. Bikin saya surprise, orangnya down to earth sekali dan ramahhh. Saya bertemu beliau di Pra PESAT Padalarang, pertama ketemu nggak berani menyapa (sungkan), cukup melihat dan mendengarkan ceramahnya. Lalu ketemu lagi waktu di Kelas ASI KLASI (klub peduli asi) Bandung, baru deh dikit-dikit memberanikan diri menyapa beliau.

Selain mendapat ilmu kesehatan anak, saya juga mendapatkan teman-teman dan sahabat di milis ini.

Beruntung bisa kenal dan ‘nyemplung’ di milis SEHAT. Saya masih harus banyak belajar…masih banyakkk sekali materi yang harus dibaca lagi🙂 Mudah-mudahan bisa ikut menggelindingkan si bola salju, amin.

2 thoughts on “About Milis Sehat(2 ) Saya dan Keluarga Bersama Milis Sehat

  1. Pingback: fatmasherenazen

Leave a Reply

