Raditya di TK A

Hampir tiga minggu Raditya (4th) sekarang punya aktivitas baru setiap harinya, yaitu menjadi murid TK. Jam sekolahnya digilir, seminggu masuk pagi ( 07.15 – 09.30 ), seminggu masuk siang ( 09.45 – 12.00). Alhamdulillah sampai sekarang nggak pernah susah untuk bangun pagi, mandi, dan sarapan sebelum ke sekolah. Semua dilakukan dengan mudah dan penuh semangat🙂.

Seminggu pertama, saya harus menemani Raditya di dalam pagar area sekolah, padahal harusnya yang mengantar anak menunggu di luar area pagar (ada tempat tunggunya khusus). Dia nggak mau kenal dengan guru dan teman-temannya. Nggak mau baris, maunya main sendiri sesuka hatinya. Paling seneng manjat pohon di halaman sekolah. Sering belum mau ikut aktivitas kelas, dan kalau sudah waktunya makan pengen cepet pulang, pakai sepatu lalu ngajak saya pulang duluan, padahal setelah makan ada istirahat bermain selama 15 menit.

Mungkin karena Raditya ini nggak perhan bergaul, jadinya sulit bagi dia untuk bersosialisasi. Masih belum mudeng dengan yang namanya sekolah TK, nggak ngerti gurunya kasih perintah apa, nggak punya temen dan nggak tau bagaimana caranya berteman. Saya dampingi dia terus, nggak ada acara paksa memaksa, ikuti saja dulu. Namanya juga masih proses ‘mengenal’, pokoknya saya mencari cara gimana supaya Raditya suka sama sekolah TK dan nggak bikin dia trauma.  Di minggu pertama dan kedua ini, dia banyak bengongnya, ngak berani ngomong sama orang lainl selain saya, di kelas aja kerjaannya keluar masuk dalam rangka nengokin saya masih setia nunggu deket dia apa enggak, kalau aktivitasnya nggak dia suka, dia nggak mau melakukan apa-apa sama sekali, udah dibujuk sama gurunya pun tetep keukeuh nggak mau ngapa-ngapain, malah di kelas sibuk main sendiri, loncat-loncat, lari-lari, atau tidur-tiduran. Nggak ada tekanan juga sih dari gurunya….dibikin santai aja, ngikutin dulu apa maunya Raditya.

Nah,  masuk minggu ketiga….jreng…jreng….para ibu guru sudah mulai mengenal muridnya, begitu pula sebaliknya, si murid mulai mengenal gurunya dan kegiatan barunya bersekolah. Ibu guru mulai bertindak. Pagi itu Raditya langsung dipeluk oleh ibu gurunya di kelas, dia nangis meronta-ronta, karena kaget mungkin. Saya keluar kelas, nangisnya tambah kenceng, duhhh….bingung juga ni saya, apa harus keluar area atau tetep stay by di depan kelas? Heuuu…jadi ibunya yang bingung, ada perasaan nggak tega juga denger dia nangis nggak mau pisah dengan saya. Akhirnya saya putuskan : Saya harus kelaur area (sebelumnya saya hampiri Radit sebentar untuk menyelipkan sapu tangan di saku bajunya). Hari itu selama di sekolah Radit hanya menangis, saputangan yang saya berikan sampai basah kuyup, matanya sembab😦.  Keesokan harinya, sama seperti kemarin, ibu guru langsung mengambil alih Raditya dari saya, nangis lagi sampai waktunya pulang sekolah. Hari berikutnya, dari rumah dia sudah wanti-wanti ke saya supaya terus menemani dia di area sekolah, tapi ketika sampai di sekolah….saya serahkan dia pada ibu guru, awalnya nangis, tapi kemudian dia mulai sedikit bisa mengikuti aktivitas di kelas, acara makan pun selalu disuapi oleh ibu gurunya. Dia kelihatan sedih dan agak takut kalau sudah mau berangkat sekolah. Keukeuh ingin ditemani ibu, sampai dia selalu bersenandung :“Aku bukanlah superman, aku juga bisa nangis…jika kekasih hatiku pergi meninggalkan aku…” (lagunya The Lucky Laki). Ya ampun Raditya, denger kamu bersenandung itu, ibu sedikit sedih tapi geli juga.  Antara tega dan nggak tega, ibu sedikit demi sedikit harus melepas Raditya. Yakin deh, begitu kamu kenal, yang namanya sekolah TK itu menyenangkan loh!

Kemarin, agak lumayan, meskipun awalnya susah lepas dari Ibu, akhirnya Raditya mau ikut dengan ibu guru. Nangisnya udah mulai berkurang. Waktunya istirahat, mau main perosotan nggak pake nengok-nengok keluar pagar area mencari ibu, waktunya baris pulang sekolah juga tertib baris dengan temen-temennya🙂.

Ibu sekarang juga punya kegiatan baru, yaitu nongkrong di sekolah TK🙂. Kenal sama ibu-ibu yang lain, kebetulan orangnya ramah-ramah🙂.

 

 

Leave a Reply

