Cara Mengurus Pindah Sekolah

Jaman sekarang untuk urusan pindah sekolah anak gak seribet jaman baheula, jamannya saya sekolah doeloe. Dulu tuh yaa…berasa ribet banget, karena banyak ‘pintu’ yang harus dilewati.

Kalau sekarang semua sistem sudah online, setiap anak sekolah juga memiliki NISN (nomor induk siswa nasional), disitu terdapat nomor registrasi yang bakalan dipakai dari mulai kelas 1 SD sampai kelas 12 atau kelas 3 SMA…lulus sekolahan (jadi kartu itu gak boleh hilang).

Jadi ketika anak akan pindah, terlebih dahulu mencari sekolah tujuan, karena ketika laporan ke bagian administrasi sekolah, kita akan diberikan blangko surat permohonan keluar dari sekolah. Nah dalam blangko itu harus ditulis lengkap nama sekolah beserta alamat lengkap sekolah yang akan dituju. Sebaiknya pindah sekolah dilakukan ketika awal tahun ajaran baru atau awal semester, karena untuk sekolah-sekolah unggulan, mereka hanya mau menerima siswa pada saat itu saja, itu pun tergantung jumlah kuota, jika sudah penuh, mereka biasanya tidak mau menerima siswa baru. Bagaimana jika harus pindah pada tengah semester, seperti yang terjadi pada Naufal? Apalagi pindahnya jauh di luar pulau yang belum pernah kita datengin sebelumnya. Nah, kemarin ini apa Noor duluan yang pindah ke sana, begitu sampai, dia langsung gerak cepat hunting sekolah. Saya ikutan hunting juga lewat internet, sudah banyak kok sekolah yang memiliki website. Betul saja, sekolah-sekolah unggulan tidak mau menerima siswa baru pada pertengahan semester, selain karena kuota sudah penuh. Alhamdulillah dapet sekolah swasta yang cukup baik di kota Balikpapan, dan mereka bersedia menerima Naufal sebagai muridnya.

Okeh, kembali lagi ke blangko surat yang harus saya isi tadi. Surat tersebut akan dijadikan tembusan ke Dinas Pendidikan, untuk pengurusan validasi NISN. Makanya kenapa nama sekolah dan alamat lengkap harus dicantumkan dan harus sudah pasti anak kita diterima di sekolah tersebut, karena kalau belum pasti, belum bisa di validasi. Jaman sekarang semua sekolah terdaftar di Dinas Pendidikan,bisa dicheck secara online melalui internet, proses validasi pun memakan waktu singkat, karena hanya mengubah nomor register sekolah saja.

Nah, kalau di SD Al Azhar 20 Cibubur kemarin, saya hanya menyerahkan blangko surat permohonan pindah sekolah, kemudian yang jalan ke Dinas Pendidikan adalah bagian administrasi sekolah. Gak pake lama kok, bahkan kata ibu pegawai administrasinya, sehari juga jadi untuk proses validasi.  Selesai vaidasi NISN, saya sudah diberi satu paket dokumen dari sekolah asal yang berisi : buku rapot, surat pindah dari sekolah, rekap nilai,dan  surat dari dinas pendidikan setempat. Kemudian di tempat yang baru, smeua dokumen tinggal diserahkan saja, beres.

193 thoughts on “Cara Mengurus Pindah Sekolah

  1. Oiya satu lg kmrn2 itu suami saya smpet tnya sama kepala skolah,disekolah asal gmn qlo ortu ga bs ngurus sndri ke dinas pendidikan eh qt di tembak ya udah bpak siapin aja dana sekita 500-700rb yg namanya ngurus bgnian kan byak amplop2ny tuh pak..jegeeerrr berasa kesamber geledek knp biaya pindah ama msuk skolah dlu 3x lipet bedanya
    Pdhl skolah negri n dikampung/dusun bgt (sdn Sukamanah Jonggol)

  2. Met kenal Mba, saya berniat memindahkan anak saya dari madrasah ibtidaiyah tangerang, ke sd negri di dki. tapi ternyata nyari sekolah sd negri yg mau trima murid lagi tidak gampang. kalau pihak sekolah lama tidak bisa bantu untuk urus NISN , agak ribet gak ya mba buat urus sendiri ? trus mba menurut pendapat mba, apa di pindahkan nya ke madrasah ibtidaiyah dki aja ya ?

  3. assalamualaikum. mba kalo pindah sekolah dari smk negri ke smk negri yang satu jurusan bisa ga ya?

  4. tapi enaknya dulu, klo mau pindah sekolah bisa kapan aja, klo sekarang harus ribet ngurus surat2 kelengkapanya, al hasil harus cuti sekolah hingga tahun depan/terlambat menerima materi pada tahun tsb.

  5. ma’af no mba anak. sy jg mau pindah skolah dari swasta ke sd negri…
    soo lapor ksekolah,an lama / baru yaaa ? pleash info sy. ngga ngerti sama skali
    adapun skolahnya Sama” di kranggan BEKASI

    • Bapak cari dulu calon sekolah barunya,survey dan tanya2 ke kepala sekolahnya. Kalau sekolah baru sdh oke dan anaknya positif diterima,Bpk tinggal lapor ke kepala sekolah lama bahwa anak Bpk mengajukan pindah sekolah.

  6. Selamat sore, anak saya sekolah di Singapura sejak kelas 5 primary (SD), sekarang sudah hampir selesai secondary. Saya ingin memindahkan sekolahnya kembali ke Jakarta. Bagaimana caranya ya ?
    Mohon bantuan penjelasannya. Terima kasih.

  7. permisi..
    saya mau bertanya.
    saya kan sekarang kelas 10, saya diterima di sman 3 surabaya, tpi sya tidak kerasan disana karena terlalu jauh dari rumah saya.
    saya ingin pindah ke sman 8 surabaya. bisakah??
    mohon bantuannya.

  8. bu saya mau tanya nih, kan adek saya udah pindah ke sman bandung, terus dia nggak betah nih, dia mw pindah lagi ke sma swasta di belitang, gimana tata caranya yah?? emmm….dia memutuskan untuk berhenti selama satu tahunn,,,bisa gk yah dia ngulang lagi kelas 2 sma??

  9. permisi…
    saya mau tanya saya kan sekolah di sma swt rk bintang timur kota pematangsiantar
    termyata saya tidak kerasan karena nilai saya anjlok, alhasil saya mau pindah ke sma swasta gkps 1 pematangraya kabupaten simalungun, apa bisa saya pindah sekolah bulan ini?? soalnya sekolah yang dituju katanya sih oke oke aja, karena udah di konfirmasi…. mohon balasannya….

  10. permisi…
    saya rencana mau pindahin sekolah anak dari smp n di jakarta ke smp n di bandung, prosesnya gimana yah…?

    terima kasih , mohon infonya.

    wassalam,

    • pertama bapak cari dulu calon sekolah baru di bandung, datangi sekolahnya dan carilah informasi melalui kepala sekolah, carilah kepastian apakah anak bapak bisa mandaftar di sekolah tersebut, setelah bapak mendapat kepastian bahwa anak bapak diterima di sekolah tersebut, baru bapak urus kepindahan di jakarta, caranya lapor ke kepala sekolah bahwa anak bapak akan pindah ke bandung, minta surat pengajuan pindah dan mengurus validasi NISN ke kantor diknas setempat
      Mengenai prosedur pindah dan mendaftar sekolah bisa bapak dapatkan informasinya dari kepala sekolah dan tata usaha sekolah.

    • tergantung kesepakatan dengan kepala sekolah dan orang tua, alasan ortu memindahkan anak apa? BUnda sudah coba bertanya langsugn kepada kepala sekolah?

  11. mba mau nanya donk, ade saya yang sekolah di pesantren tanggerang mau di pindahin ke menado. semisal saya dateng ke calon sekolah trus diberi ijin apa mesti bawa surat persetujuan dari sekolah di menado sebelum diserahkan ke sekolah yang sekarang? trus, apa semua sekolah mau ngurusin pindahan murid mereka ato mesti wali yang ngurus? kira2 bisa gak yah kalo saya yang pergi urusin bukannya orang tua?
    tolong dijawab yah mba, ade saya lulus smp tahun depan jadi mau secepatnya cari informasi, abis kata tante2 saya ngurusnya lama dan susah😦

    • saran saya sebaiknya Mba langsung mendatangi kepala sekolah tempat adik Mba sekolah sekarang untuk menanyakan bagaimana syarat pindah ke pesantren di tangerang

  12. Klo pindah ke luar provinsi apa hrs ke dinas pendidikan provinsi jg kah ato cukup smpai d dinas pendidikan kabupaten? Trims infonya

  13. Bu saya mau tanya saya dari SMPN Jakarta timur , mau pindah ke SMPN Jakarta Selatan ,Gimana caranya ya bu??? saya tunggu secepatnya

  14. Siang bu, kalau pindah sekolah antar sman apakah harus memenuhi nilai standar minimal di sekolah tujuan? bagaimana kalau nilai anak di sekolah asal anjlok, apakah masih bisa di terima di sekolah yang di tuju? mohon pencerahan.terima kasih.-

  15. permisi mbak,saya mau nanya?
    ortu saya mau pindah provinsi pada tengah semester kira” saya diterima gk ya mbak di sekolah yg saya tuju karna saya ini pindah pada tengah semester dan bagaimana ngurus pindahan dari sekolah saya yg lama ke sekolah yg baru

  16. Mba saya kan sekarang kelas 10 semester 2 di salah satu SMK negeri di Jakarta, saya ga betah di SMK saya ingin pindah ke SMA Negeri, bagaimana caranya? Tolong di bantu yaa mba, terima kasih

  17. mba waktu dulu anak nya mau pindah, sekolah asal ada minta surat rekomendasi gak dari sdkolah yg dituju yg isinya kalo anak kita diterima disekolah tersebut. karena sekolah anak sy yg dipangkalpinang minta surat tersebut kdpada sekolah yang baru di balikpapan. mohon jawabannya, tks

  18. Mbak Ira mau tanya ?
    Karena pekerjaan saya seringkali ada mutasi pekerjaan di jawa atau luar jawa .
    Yang saya tanyakan anak saya kelas 5 SD saat ini pindah disekolah baru , jika pada saat 3 bulan kemudian saya pindah kerja kembali di jawa apakah anak saya bisa pindah sekolah lagi ? Atas jawaban dan masukannya saya ucapkan banyak terima kasih.

    • Biasanya kl cuma 3 bulan terus pindah lagi apa ngga kasian sama anaknya Pak? Pengalaman saya dan teman2 yg juga sering mutasi pekerjaan, biasanya menunggu moment kenaikan kelas, atau semesteran baru kami pindahkan anak2. Atau minimal sebelum uts sudah pindah.

  19. mbak ira mau tanya

    anak sy kls 1 sdn, mau pindah krn dia blg ada beberapa guru yg galak, sy sdh tanya ke sd swasta mrk blg bisa, dan sy harus ke sdn untuk minta agar anak saya di keluarkan , krn penginputan data utk siswa baru berakhir tgl 31 agustus 2015, jadi masih bisa pindah sekolah. tp pihak sdn blg ada srt2 yg harus di bawa kekecamatan dan walikota, dan smp sst ini pihak sdn blm memproses surat tersebu.

    bagaimana ya mbak ira, solusi nya, krn tgl 31 terakhir penginputan data siswa, kr kl sdh tutup tidak bisa, dan hrs tunggu 1 semester, sedangkan anak saya tidak mau seolah disana

    terima kasih

    • Dear Mba Yulie, apakah sudah menghadap ke kepala sekolah di SD yang sekarang? Lalu bagaimana menurut kepala sekolah? Menurut saya sebaiknya Mba Yulie berdiskusi dengan kepala sekolah terlebih dahulu. Kalau anaknya harus bersekolah dulu selama satu semester, apa jamianannya supaya anak Mba betah sekolah di situ

    • Mungkin bisa Pak. Unt lebih jelasnya bisa langsung tanya ke kepala sekolah dan petugas Tata Usaha. Saran saya, sebelum cabut berkas di sekolah lama, sebaiknya sudah ada kepastian diterima di sekolah yg baru. Dan jangan ragu untuk berdiskusi dengan kepala sekolah lama & baru.

  20. Mba aq da planing mo pndhin sekoah k2ank q, dr wilayah jaksel k jaktim sesuai kartu kluarga q, kira2 ruumit ga sih, langkah prtm apaa yg sti aq lakukan? Tlg masukanya ya mba, trims

    • Langkah pertama pastikan anak sudah diterima di sekolah baru. Setelah itu baru ngurus2 administrasi, yaitu minta surat pindah dari TU lalu maju ke dinas pendidikan kota. Nggak rumit kok. Dan jgn ragu unt berdiskusi dgn kepala sekolah di sekolah lama serta baru.

  21. Bu sekarangkan saya kelas 10 di salahsatu MA swasta dibandung rencananya saya ingin pindah ke salahsatu SMAN di Garut pada semester 1 ini .. Apa bakal bisa bu ??

    • Sebaiknya sebelum mencabut berkas di sekolah lama, pastikan anda sudah diterima di sekolah yg baru, jadi anda nanti tdk terombang ambing. Langkah awal yg sebaiknya anda ambil yaitu datang ke sman di garut, menghadap kepala sekolahnya dan tanyakan kpdnya apakah anda bisa pindah ke sekolah itu, lalu tanya apa sajansyarat dokumen yg hrs disertakan, kalau sman garut sdh pasti menerima anda, baru anda proses cabut berkas di sekolah lama

  22. Mbak,thn ajaran br kmrn anak2 saya pindah ke Jawa tapi sekolah yg diyuju tdk minta syarat apapun jd lgg msk saja,tetapi ternyata anak2 tdk betah tinggal diJawa & ingin kembali ke sekolah asal yaitu di daerah Jawa Barat,pada saat minta surat pindah kami belum sempat meminta validasi ke Diknas setempat,apakah anak2 saya masih bisa kembali kesekolah asalnya,baru 3 bln berjalan disekolah baru ternyata tidak mau sekolah?bantu saya mbk,trimakasih…

  23. Halo salam kenal, saya mau tanya saat ini anak saya bersekolah di swasta nasional plus yg mana sekolah tsb blm terakreditasi krn baru thn 2016 nanti ada lulusan kelas 6 SD. Rencana saya mau dipindahkan ke sekolah agama tp saat saya tanyakan test masuk utk pindahan sekitar juni yg mana antara terima atau tdk blm ada kepastian. Yg saya mau tanyakan apakah memang akan dipersulit saat mau pindah krn sekolah lama blm terakreditasi?
    Terima kasih

    • Halo Mbak Sandra, salam kenal juga. Itu tergantung kebijakan masing2 kepala sekolah dan tentunya hasil tes masuk. Coba tes saja dulu Mbak, tapi jgn cabut berkas dulu di sekolah lama. Nanti jika sudah ada hasilnya baru Mbak tentukan langkah selanjutnya.

  24. halo mbak ira….pusing2 nyari sd di balikpapan nemu blog mbak ira…sangat membantu bgt:) skrg anaknya masih di pd 3? jd kita pastiin dulu keterima di pd 3 baru ngurus surat pindah dari sekolah lama? tes masuknya waktu itu gimana ya mbak ? hatur nuhun

    • Halo Mba Rika. Iya di PD3, tp sekarang udh pindah ke jkt, baru 6 bulan. Kepsek PD3 namanya Pak Warso. Temui saja beliau. Alhamdulillah PD3 itu sekolahan yg mengerti kondisi saya yg waktu itu kelimpungan cari sekolah krn pindahnya nanggung. Alhamdulillah dari segi kualitas bagus juga, buktinya anak saya pas pindah ke jkt bisa lolos tes masuk SDN favorit dgn nilai bagus. Iya, Mbak Rika ke PD3 aja dulu temui kepseknya. Good luck Mba Rika

  25. hai mba..saya mau pindahkan anak2 saya dr sekolah sd swasta sumatra utara ke sd negri di yogya..gimana prosedur nya yak,soalnya sy dpt info kl di yogya tdk terima sd swasta ke negri..tlg infonya ya mba??thx

    • Hai Mba Reni. Prosedurnya sama kok seperti yang saya tulis di postingan saya ini.
      Saya juga baru memindahkan anak saya enam bulan yg lalu dari SD swasta di balikpapan ke SDSN (sekolah dasar standar nasional) di DKI Jakarta.
      Prosedurnya sama, hanya ada beberapa dokumen yg harus saya lengkapi, yaitu akreditasi sekolah, akta pendirian sekolah, surat keterangan baik dari sekolah

      • Kayaknya tergantung kebijakan kepala sekolah masing2 Pak. Teman saya kmrn ada yg pindah dari kalimantan ke lumajang, di kalimantan pakai kurikulum 2006 , di lumajang pakai 2013. Bisa Pak, diterima oleh kepsek sdn di lumajang

  26. Halo Kak Ira. Setelah kenaikan kelas nanti saya akan berencana pindah sekolah ke Sidoarjo. Sedangkan saya sekarang bersekolah di Kabupaten Bungo, Jambi. Dan saya sudah tau sekolah yg saya inginkan diSidoarjo apa. Dan saya juga belom pernah keSidoarjo dikarenakan jarak. Pertanyaan saya adalah, bagaimana kita bisa mendaftar dan mengetahuin kalau kita diterima disekolah yg dituju sedangkan kita belom pernah kesana? apasaja yang prosedur dan dokumen untuk pindah sekolah beda pulau beda provinsi? dan berapa lama proses perpindahan sekolahnya? apakah bisa dilakukan dengan online? rencananya juni mendatang saya aku terbang ke Surabaya dan melakukan survey sekolah kesana. apakah menurut kak Ira saya langsung saja mengurusnya sesaat saya tibe di surabaya? Terimakasi kak. Mohon cepat dibalas ya, penting:)

  27. Halo…Salam kenal mba. Saya mau sedikit bertanya nih mba.Tahun ajaran 2015 lalu saya coba mendaftarkan anak saya setelah lulus TK untuk bisa masuk di SDN DKI Jakarta namun sayangnya tidak diterima karena faktor usia (saat itu usianya masih 6,5 tahun) sedangkan persyaratan utk masuk di SDN Jakarta harus minimal 7 th. Akhirnya saya masukkan anak saya di SDN kota Tangerang dan diterima meski usianya masih 6,5 tahun.
    Saat ini anak saya duduk di kelas 1 SDN di Tangerang Kota. Dan saat ini usia anak saya sudah 7 th (pada 12 januari kemarin) juga saya masih berniat untuk memindahkan anak saya sekolah di SDN DKI Jakarta karena kebetulan saya juga bekerja di daerah Jakarta. Yang ingin saya tanyakan adalah apakah dengan faktor usia anak saya (yang nantinya berusia 7,5 tahun) bisa diterima untuk melanjutkan sekolah di kelas 2? mohon masukkannya & terimakasih banyak sebelumnya

    • Halo Pak Sasmito.
      Pak, biasanya untuk bisa diterima atau tidak di kelas 2 di SDN DKI Jakarta itu tergantung ketersediaan kuota di sekolah tsb. Kalau masuknya kelas 2 tidak ada masalah usianya.

  28. gini mbg
    aku kan sekarang masih sekolah di salah satu smk swasta di lumajang kelas 11
    rencananya setelah semester 2 ini aku mau pindah ke smkn d jambi…
    yang mau aku tanyain….
    gmana cara mastiin smkn d jambi .
    kan aku d lumajang….
    boleh gak kalo mastiinnya di wakili sama saudara aku yang di sana?
    fast respon

  29. Aslamualaikum…
    Maaf mba saya mau tanya,,kalau untuk pindah sekah bagi anak SD beda profinsi bagaimana ya
    Soalnya data saya belum lengkap ga punya ktp atau Kk di daerah yg di tuju.
    Kira”bisa ga ya saya sekolah in anak saya SD dari ciamis ke tangerang.
    Katanya ribet harus punya ktp dan kk daerah sini.lgian ngrus nya lama dan mahal

    • Wa’alaikumsalam Mbak Santi.
      Anaknya kelas berapa?
      Pengalaman saya memindahkan sekolah anak nggak perlu pakai kk or KTP setempat. Yang pakai kk or KTP setempat itu kalau kita mau masukin anak ke kelas 1 SD melalui jalur bina lingkungan atau lokal. Kalau bukan kls 1, bisa kok pindah tanpa harus punya kk Dan KTP setempat.
      Saran saya sebaiknya Mbak Santi langsung mendatangi kepala sekolah di sekolah yang sekarang, untuk meminta informasi tentang pindah sekolah.
      Baru2 ini saya memindahkan anak2 saya dari Kalimantan ke sekolah negeri di DKI JKT, alhamdulillah prosedurnya masih sama seperti yang saya tulis di blog ini.

  30. halo mba ira,mohon dibantu ya, saya mau memindahkan anak saya yang stelah ujian ini naik ke kelas 6 sd negeri di denpasar untuk pindah ke kelas 6 sd negeri depok,ada keraguan dari saya untuk memindahkan anak saya karena saya dengar2 dari teman2 saya bahwa tidak bisa pindah sekolah ketika sudah kelas 6 sd.
    Menurut mba bagaimana,mohon dibantu arahannya mba,terima kasih.

    • Halo Pak Daniel.
      Setahun yg lalu saya memindahkan anak saya Naik kelas 6 dari Kalimantan ke salah satu SDN di DKI Jakarta. Sebelumnya memang banyak sekali keraguan mengingat kls 6 itu akan menghadapi UN. Setelah saya berulang Kali konsultasi dengan kepala sekolah dan Tata usaha di sekolah lama Dan calon sekolah baru, akhirnya saya memperoleh informasi bahwa saya bisa memindahkan anak pada kenaikan kelas 6. Biasanya unt persiapan administrasi UN (penyerahan data anak ke dinas pendidikan setempat)paling lambat itu bulan Oktober, jadi kalau pindahnya bulan Juni/pas kenaikan kelas masih bisa.
      Saran saya sebaiknya Pak Daniel sudah dapat kepastian anak Bpk diterima SDN di Depok terlebih dahulu, untuk memudahkan pengurusan surat2 pindahnya (jd Bpk nggak bolak-balik ke Denpasar).
      Oh iya jangan lupa anak Bpk harus memiliki kartu NISN (ini penting sekali Pak).
      Mudah2n jelas ya Pak, semoga pindahannya lancar.

  31. Assalamualaikum,

    Ibu, anak saya insyaAllah lulus kelas 6 SD tahun ini, SD nya di Tangerang. Jika saya mau melanjutkan ke SMP Negri di Bekasi, caranya bagaimana bu?

    Mohon bantuab penjelasannya.

    Terimakasih
    Wasalam

    • Wa’alaikumsalam Bu Upik
      Untuk pendaftaran SMP biasanya tiap provinsi beda peraturan. Jika Ibu bermaksud daftar ke Bekasi sebaiknya Ibu langsung datang ke SMP tersebut dan tanyakan Tata cara daftar nya.
      Kalau DKI Jakarta pendaftaran jalur umum mulai tgl 24 Juni

  32. Assalamu’alaikum…
    Bun,anak sy tahun depan (2017) insya Allah lulus SD ( SD swasta di Balikpapan) SMP nya ingin masuk negri di jawa ( Cilacap ). Sy blm mengerti cara nya bagaimana ya bun??
    Mohon informasi nya… Terima kasih sblmnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s