Yess…..Sudah Pindah Ke Balikpapan ^_^

'touchdown' Balikpapan

Sabtu, 10 September 2011

Hari yang sibuk sekali, karena sejak malam hari sebelumnya beres-beres barang yang akan dibawa. Lah…mepet amat beres-beresnya kok baru malam keberangkatan? Sebetulnya udah dari berminggu-minggu sebelumnya, tapi kan saya beres-beresnya sendirian, Pak Bos (suami) belum datang, jadi pas dia datang dibongkarlah semuanya hehehe…..dan klimaksnya ya malam H-1 itu. Kita pakai pesawat jam 07.00 WIB. Jarak tempuh Jakarta-Balikpapan sekitar 1 jam 50 menit saja. Karena kita berangkatnya dari Bandung, jadi kudu berangkat sejak dini hari,supaya gak terlambat check in. Dari Bandung kita berangkat menggunakan bis Pemandu Moda (bis Primajasa jurusan bandara Soetta)  yang sekarang tempat mengkalnya ada di Kompleks Batununggal, dulu sebelum ada Trans Studio Bandung, sih tempatnya memang di BSM (Bandung Super Mall), sekarang sudah pindah. Tempatnya ada di ujung komplek  perumahan Batununggal, lumayan jauh, akses angkot susaaah (ga ada angkot masuk situ soalnya). Armada taxi buanyaaak…tapi kebanyakan taxi yang gak mau pakai argo dan milih-milih penumpang, kalau penumpang tujuannya deket, dia gak mau angkut,alias dicuekin (di Bandung ini taxi yang bisa dipercaya menurut saya cuma taxi Blue Bird…belum ada yang nyaingin deh).

Okeh, kembali ke persiapan berangkat, kita berangkat jam02.00 dari Bandung…diantar kelaurga besar lengkap (sampe pool bis doank tapi nganternya), trus yang ikut ke bandara : mertua, mama & bpk saya, adik laki saya + istri dan anaknya. Alhamdulillah perjalanan ke bandara Soetta lancar jaya, jam 05.30 udah sampai🙂.  Dan jam 07.00 teng pesawat berangkat. Perasaan saya saat itu…berusaha di’tegar-tegarin’, dan mungkin memang sudah anti klimaks ya melow-melownya (mo melow segimanapun…teteup aja kudu berangkat…ya kan?). Ini adalah kali pertamanya saya pindah ke luar pulau jauh dari orang tua…kalau kemarin di Cibubur kan dekat dengan Bandung, mo tiap minggu pulang ke Bandung juga gak masyalah, orang cuma 3 jam naek mobil. Sebetulnya hati kecil sih ingin berdekatan terus dengan ortu dan mertua, bukan karena manja ya! Tapi karena ingin mendampingi ortu dan mertua di masa tua mereka, eeeh…jangan salah , saya tuh kalo pulang ke Bandung jauh lebih sibuuk dari pada kalo di rumah sendiri loh! Tapi takdir berkata lain, kali ini saya harus hijrah jauh dari mereka…ya sudah terima saja, yang penting  para ortu saya meridhoi perjalanan kami ini, amin.  Jadi, detik-detik keberangkatan saya rilex sekali. Menguatkan diri, karena harus menghadapi sesuatu yang baru yang belum pernah saya bayangkan sebelumnya…..(hahayy…lebay!).

Kurang lebih jam 10.00 WITA pesawat landing di bandara Sepinggan Balikpapan. Begitu sampai….terasa udaranya panasss!! Alhamdulillah gak salah kostum🙂. Kita dijemput sama temennya Papa Noor. Saya kurang memperhatikan suasana di bandara Sepinggan secara detil, karena repott dengan anak-anak dan barang bawaan.Yang saya inget, waktu itu di badara penuhhh banget sama orang, bandaranya juga kecil…mungkin seukuran dengan bandara Husein Sastranegara-Bandung. Dan surprise….banyak orang ngomong pake bahasa ‘Jawa’, sampai-sampai saya harus meyakinkan diri sendiri “Ini Balikpapan kan? Bukan Yogya?”…hahahaha.

Waktu baru sampai di Balikpapan, rupanya habis hujan, jalanan basah. Pemandangan yang langka sekali, karena pada saat yang bersamaan di Jakarta dan Bandung sedang musim kering, belum ada hujan sama sekali. Jarak bandara-rumah cukup dekat, tepatnya berapa km…belum sempat saya ukur🙂.  Rumah kami letaknya di dekat pantai, jarak pantai dengan rumah kira-kira hanya 300m. Maklum karena biasa hidup di daerah ‘pegunungan’ begitu melihat pantai…langung heboh dan narsis abis.

our home ^_^

Kami tinggal di rumah dinas, bentuk rumahnya sama semua, atapnya kopel dua rumah. Karena tiap dua rumah nempel temboknya, jadi kalau ngomong gak boleh keras-keras. Besarnya kurang lebih 100m persegi ada 2 buah kamar tidur, 1 kamar mandi yang letaknya di luar. Dulunya yang menempati rumah ini adalah bujangan (maksudnya sudah berkeluarga tapi keluarganya gak ikut pindah), jadi kondisi rumah pun seadanya banget dan harus direnovasi supaya bisa ditempati oleh kami sekeluarga. Alhamdulillah dapat rumah dinas, karena kalau mengontrak harganya cukup mahal.

Malamnya anak-anak memaksa ingin jalan-jalan ke Hypermart….duuuhhhh padahal saya udah capek dan ngantuk sekali. Sepanjang jalan saya setengah tidur, Papa Noor sibuk jadi guide, nunjukin ini-itu sepanjang jalan tentang Balikpapan, bolak-balik nunjuk ke arah yang saya lihat hanya hitam dan beberapa titik lampu saja, dia bilang itu laut, ah saya nggak ‘ngeh saat itu…capek dan ngantuk berat😦.

pemandangan sepanjang jalan🙂

Pantai Monpera

main pasir di pantai Monpera

Keesokan harinya kami mulai jalan-jalan lagi, hari itu saya harus wajib hukumnya menghafalkan jalan rute rumah-sekolah anak-anak. Padahal terus terang rasanya nyawa belum ngumpul semua @_@” apa boleh buat, saya harus menghafal jalan, karena hari Senin anak-anak sudah harus masuk sekolah. Saya baru ‘ngeh kalau sepanjang jalan menuju sekolah anak-anak adalah laut…wowww!!! Sekolah anak-anak letaknya di komplek Pertamina, dekat pelabuhan Semayang.

Kota Balikpapan cukup ramai, pusat perbelanjaan sudah banyak tersebar di sini, banyak hotel, dan sudah ada beberapa bioskop XXI. Banyak pendatang  seperti kami yang tinggal di Balikpapan, kotanya bersih, tertib, nggak ada macet, biaya hidup cukup tinggi, dan mayoritas wanita di sini pakai jilbab. Daerah kami tinggal sampai ke sekolah anak-anak berada di dekat laut sehingga jalannya datar….tapi ternyata kota ini juga terdiri dari daerah perbukitan, jalanannya naik turun. Di sini ada perumahan elit di daerah Balikpapan Baru, menurut saya mirip dengan Kota Wisata di Cibubur atau BSD di Tangerang.

Kodam VI Mulawarman

Setelah kira-kira hafal jalan dari rumah-sekolah, kami pun menyempatkan diri mampir ke pantai terdekat, namanya pantai Monpera, letaknya di seberang Kodam VI Mulawarman.  Pantainya biasa saja, yang tidak biasa itu kami🙂 hahaha….narsis abis ngeliat pasir dan ombak. Ketika saya upload foto anak-anak sedang main di pantai, keluarga di Bandung langsung heboh…baru sehari kok sudah wisata ke pantai? Padahal ini pantai memang deket dan mudah dijangkau dari rumah…hehehe.

Balikpapan Super Blocks

bagian dalam Mall di BSB

Oh iya, dekat komplek rumah juga ada mall cukup besar, namanya Balikpapan Super Blocks (BSB). Mall yang dikelilingi oleh komplek ruko-ruko…mungkin semacam center bisnis, mall nya bagus dan cukup mewah, ada bioskop XXI nya juga. Tapi sayang beribu sayang….di mall segede gaban itu gak ada toko buku seperti Gramedia or Gunung Agung, adanya toko buku yang menjual buku-buku impor….hadeuhhh gak terjangkau atuh itu mah😦.

Konon kabarnya di Kalimantan itu susah air dan rajin mati lampu. Alhamdulillah di kota Balikpapan ini tepatnya di komplek rumah dinas yang kami tempati, airnya menggunakan air PDAM, cukup deras dan bersih, sehingga bisa digunakan untuk masak. Air aqua 1 galon harganya Rp 28.000 (sementara di Pulau Jawa hanya Rp 11.000 saja!)….harga airnya doank ya!!! Kalau mati lampu, biasanya pagi hari ketika kami melakukan aktivitas di kantor atau sekolah. Di sekolah anak-anak sudah banyak genset, jadi mati nggak mati listrik sama saja AC tetep jalan…ruangan kelas tetep adem.

daerah komplek pertamina 'hutan kota'

Seminggu tinggal di Balikpapan, kami disuguhi hujan deras setiap hari. Itu derasnya bukan main-main dereeeeessssss buanget!! Bagian belakang rumah kami kemasukan air, garasi hampir jadi kolam, cucian gak ada yang kering selama beberapa hari. Hujan sepanjang pagi,siang,sore dan malam tiada henti, suhu udara  menjadi sejuk. Untung saya bawa baju anak-anak cukup banyak,meskipun cucian gak pada kering, masih banyak cadangan, raincoat anak-anak  gak ketinggalan, payung pasti ada, dan jaket selalu siap sedia. Rupanya di Balikpapan ini hujan bisa turun sepanjang tahun, gak seperti di pulau Jawa….ada musim hujan…musim kemaru, kalau di sini hujan dan panas bisa datang kapan saja sesuka hati mereka, di sini gak ada musim hujam atau kemarau…adanya musim duren!! Hahahaha…..

27 thoughts on “Yess…..Sudah Pindah Ke Balikpapan ^_^

  1. halo mba, slamat datang di balikpapan..
    aku juga baru 8 bulanan di sini… dan iya susah nyari toko buku disini..
    utk buku lokal cuma ada dua, setidaknya itu yg baru aku temuin hehehe… di BC ada gramedia dan di Plaza Rapak ada Toko buku Kharisma.. Kalo buku import adanya periplus, di bsb ma bandara..
    yang pasti aku belum nemu toko buku bekas disini😦
    salam kenal mba ^^

  2. nah itu karena udah tahu rumah buku dan togamas ga rela banget beli buku di sini, jadinya ya pas pulang kampung balik kesini bagasi berat gara2 buku :))

    • waduhh…tempat mainnya sama nih ke rumah buku, kl saya biasanya ke palasari di toko bursa buku palasari kl ga salah

      akhir tahun kemarin di rumah buku semua discount sd 30% asyikk banget,saking girangnya sampe bingung mo pilih buku apa aja….hehehe

      btw,org bandung juga Mba?

      • jakarta mba, suami org bandung🙂
        tp sebenernya pertama aku tahu RB n palasari juga dari anak2 goodreads indonesia yg pada tinggal di bandung..

  3. Salam kenal y mbak Ir….
    Kita udah pindah nih ke Balikpapan.Anakku udah masuk ke patra dharma 3.Mudah2an tetep bs jalin silaturahmi y mbak.tq

  4. wah dalam waktu dekat saya juga mau ke balikpapan…, oh ya dimana ada toko yang jual air minum AQUA kemasan galon…? Please tolong kasih tahu alamatnya dong….? sekalian nomor telephone-nya….? Coz kami bakal banyak butuh air minum AQUA galon dalam jumlah banyak untuk teman-teman di kantor yang bakal pindah ke batakan – balikpapan bulan July 2013 nanti…. so please tolong kasih tahu saya……
    Kalau bisa sms saya di nomor 0858 54 188 108. or email winardi_gunawan@yahoo.com

    Winardi gunawan.
    Thank you.

    • kl ga salah,agen aqua ada di jl. Jend. Sudirman. Nama agennya : Gunung Mas. Gedungnya dekat daerah BSB di seberangnya. Tepatnya di sebelah gedung Graha Bintang

  5. salam kenal…saya juga baru sebulan lebih di Balikpapan ..lg pusing cari buku bekas di BPP..mmg sie di SMP Negeri 14 di pinjami buku tp ada yg dpt ada yg nggak …n anak saya gak kedapetan alias ke abisan jd pusing nie…mo cr di mana ??? mana yg di pake masih kurikullum lama…please ada yg tau gak toko buku bekas ada di mana??????

    • coba cari ke toko buku cahaya di klandasan dekat ruko bandar atau di pasar klandasan ada toko buku jual buku2 lama, atau mungkin bisa cari ke perpustakaan kota balikpapan di gn pasir

  6. saya lg browsing2 ttg balikpapan, karena ada sedikit rencana untuk kami sekeluarga pindah ke sana. Suami ada tawaran kerja disana, tp masih membanding2kan antara pekerjaan, finansial, pendidikan anak dll. kami masih belum ada pandangan apa2 ttg Balikpapan. Biaya hidup disana mahal sekali y mba? Lalu bagaimana pendidikan disana? Apakah sudah maju mba?
    thx

    • Halo Mba Raras, salam kenal🙂
      Biaya hidup di Balikpapan lumayan tinggi Mba, tapi kalau dibilang mahal sekali ya enggak lah, karena masih ada kota lain yang biaya hidupnya lebih tinggi, seperti kota-kota di Papua dll.
      Sebetulnya kalau bisa mengelola uang dengan baik, menerapkan gaya hidup hemat, dan tau selah2nya kota ini, menurut saya ga ada masalah.
      Pendidikan….kalo ngomongin soal pendidikan relatif Mba. Tujuannya apa dulu. Karena harap di maklum, setiap daerah pasti punya ciri khas yang berbeda, punya budaya dan kebiasaan yang berbeda.
      Mau membandingkan dengan Jakarta? …ya kalah lah, namanya juga Ibu Kota Negara….
      Pertama kali saya pindah ke sini juga saya shock….lohh kok beda sama Jakarta dan Bandung….padahal ya memang berbeda, kan pulaunya juga beda, semuanya serba beda.
      Karena kalau saya memang gak ada pilihan lain harus pindah ke sini, ya saya berusaha untuk beradaptasi dengan semua yang ada di sini.
      Saya pribadi bersyukur pindah ke Balikpapan, kota indah di tepi pantai ini sudah maju, banyak pendatang, banyak mall, orang2 di sini pakai mobil bagus2 dan keren2, akses pesawat banyak, bandaranya pun bandara international dan sekarang sedang dibangun bandara baru yang besaar, di sini tempatnya perusahaan minyak Pertamina, Total, Chevron dan ratusan perusahaan tambang lainnya (biasanya orang yang bekerja di oil dan mining gajinya besar2).
      InsyaAllah, kalau saya sih betah tinggal di sini Mba🙂

Leave a Reply

