Sekolah Baru

Anak-anak punya sekolah baru di sini. Agak susah mencari sekolah yang sesuai dengan keinginan kita, terutama kalau dananya terbatas🙂. Maklumlah, cukup repot juga dengan urusan pindah-pindah ini. Tapi teteup donk yaa kita berusaha keras mencari sekolah yang terbaik untuk anak-anak, yang ramah juga dikantong.Oleh karena itu, ketika pengumuman mutasi, suami cepet-cepet berangkat ke TKP untuk gerak cepat mempersiapkan kepindahan kami sekeluarga, termasuk beliau juga yang hunting sekolah anak-anak. Sedangkan saya membantu suami  hunting lewat internet. Enaknya jaman sekarang, semuanya bisa dicari melalui internet🙂.

Sebetulnya ingin sekali mencari sekolah yang nggak jauh-jauh modelnya seperti sekolahnya anak-anak waktu di Jakarta kemarin ini,sekolah Islam yang ‘ramah’ anak. Tapi apa mau dikata, kenyataan berkata lain, karena terbentur ini dan itu dan kami HARUS realistis, akhirnya pilihan jatuh pada SD dan TK swasta miliknya yayasan Pertamina. Dengan pertimbangan : kebetulan kuota masih ada, lokasi sekolah memang cukup jauh dari rumah tapi jalanan menuju ke sekolah cukup mudah dan ga ribet, sekolah ini terkenal dengan sekolah transit, maksudnya banyak sekali murid-murid pindahan dari luar kota yang sekolah di sini, cukup berprestasi, SD dan TK letaknya bersebelahan, banyak ekskulnya dan kegiatan semua ekskul tidak dipungut biaya lagi, biayanya terjangkau,terakhir tentu saja karena hari sekolahnya Senin-Jumat🙂.

Untuk bahan referensi saja, SD unggulan yang ada di Balikpapan antara lain :

1. SD Islam Istiqomah

2. SDN 001, Jl. Kapt. Piere Tandean

3. SD YBBSU(kalau nggak salah tahun ajaran 2010 kemarin lulusan terbaik berasal dari sini)

4. SD Islam Auliya

5. SD Patra Dharma 1 & 3

6. SD Alam yang lokasinya dekat POLDA

7. SD Balikpapan Islamic School di perum Balikpapan Baru

8. SD Islam Global Islamic School di perum Sepinggan Pratama

Hari pertama sekolah suami sengaja ambil cuti,sebagai bentuk support untuk anak-anaknya, beliau ikut mengantar dan nungguin sampai sekolah selesai🙂. Untuk SDnya, beda banget dengan sekolahan yang dulu, satu kelas muridnya 37 dipegang oleh 1 orang guru. Naufal nggak biasa menyalin dari papan tulis, jadinya seminggu pertama sekolah selalu pulang paling telat,harus selesai menyalin dulu baru boleh pulang. Ibunya yang stress…..khawatir anaknya gak bisa enjoy sekolah, mana pelajarannya seperti pada umumnya anak SD, materinya padat dat…(di sekolahnya dulu materinya diolah sedemikian rupa oleh guru-guru, sehingga anak-anak betul-betul faham tanpa membebani si anak).

Untungnya sang wali kelas sangat baik, saya (seperti biasa) selalu cerewet, banyak bertanya ini itu sama wali kelasnya, sedikit-dikit datang menghadap beliau, alhamdulillah orangnya asyik, gak pelit diminta penjelasan bagaimana konsep mengajarkan materi pelajaran kepada anak🙂. Yang bikin asyik lagi, sekolah ini ada banyak pilihan kegiatan ekskulnya, mulai dari sepak bola, renang,bela diri, pramuka, gitar, biola,menggambar, bahasa Inggrisdan tari. Kegiatan ekskul dilakukan setiap hari Sabtu. Denger hari Sabtunya saya udah gak semangat, harusnya hari Sabtu kan digunakan untuk leyeh-leyeh di rumah, bukan ke sekolah. Tapi….mendengar kegiatan ekskulnya GRATIS….langsung semangat ’45!!  Soalnya bayangkan untuk les gitar biayanya per bulan Rp 300.000, les gambar Rp 250.000, belum renang dan yang lainnya….hadooooh. Tapi sayangnya semua les dilakukan serentak pada hari Sabtu, kecuali renang dan sepak bola. Jadi mungkin Naufal akan ikut ekskul gitar, renang dan sepak bola sajah🙂.

Jadwal sekolahnya Naufal dan Radit berbeda,kalau Naufal masuk siang, sedangkan Radit masuk pagi jam 07.00. Otomatis jadwal pulangnya juga berbeda, Naufal pulang lebih siang jam 14.00 sedangkan Radit jam 10.30. Karena nggak mungkin bolak-balik atau ninggalin Naufal di rumah, Naufal lah yang mengalah, berangkatnya bareng sama Radit, dia nunggu di kelasnya Radit sampai waktunya dia masuk sekolah. Seminggu pertama saya stand by dari jam 07.00 sapai 14.00 di sekolah. Nunggu di dalam kelasnya Radit yang full AC sampe masuk angin. Setiap hari membawa bekal snack dan makan siang untuk anak-anak.

Raditya masih harus ditungguin di dalam kelas, sampai sekarang pun masih, kalau saya menghilang dari pandangan dia…langsung matanya merah berkaca-kaca. Kalau Naufal sejak hari pertama dia sudah bisa dilepas sendirian, anaknya gaul, baru sebentar udah punya banyak temen.

Bangunan sekolah TK nya Raditya cukup luas, mainannya banyak, ada kolam renangnya juga, ruang kelasnya full AC dingiiiin, fasilitasnya juga lumayan lengkap. Toiletnya juga bersih.

Minggu kedua, Naufal sudah langsung ulangan harian, alhamdulillah dapet nilainya bagus-bagus🙂. Raditya akhirnnya punya temen di kelas. Dia sudah mau bermain dengan teman-temannya, meski di sana sini masih banyak takut dan malunya. Setiap kali aktivitas belajar, pasti ngikutin dengan baik. Dan sekarang Radit sudah mulai enjoy sekolah. Dia nggak susah bangun pagi, semangat deh pokoknya. Malahan pernah waktu hari Sabtu dan Minggu pertama dia bangun pagi-pagi minta mandi, makan dan berangkat sekolah….hahahaha!

Waktu tgl. 22 September 2011 kemarin Radit ikut lomba menggambar dalam rangka peringatan hari anak nasional di Dome Balikpapan. Lalu kemarin tgl 3 Oktober 2011 field trip ke mall🙂. Kalau Naufal hari ini 5 Oktober 2011 field trip ke pabrik tempe. Anak-anak seneng ikut field trip apalagi rame-rame naik bis.

Secara umum, sekolahan anak-anak yang baru ini cukup asyik, anak-anak bisa enjoy belajar. Bagaimanapun juga kita semua berusaha untuk berjuang menghadapi semua rintangan, apapun kondisinya harus teteup survive dan fleksibel, pokoknya harus BISA! Dan yang paling penting gimana caranya bikin supaya anak-anak tetep enjoy dan asyik menikmati masa anak-anak mereka….Siippp, mantap, lanjutkan!!….hehehe🙂

Raditya - Nafi - Aa Naufal

senam pagi

Palyground

17 thoughts on “Sekolah Baru

  1. sista kasih tau dunk anaknya sekolahnya di mana, di istiqomah bukan ya ?
    coz, q juga lagi nyari sekolah buat anakq, tapi yang berstandar islam… thanks infonya..

  2. Mbak, sekolahnya patra dharma 1 atau 3?
    Bulan dpn kita jg pndah ke Balikpapan, pengen share dari mbak lg boleh?
    Sms saya di no 0877 9100 3494 -vitry
    Makasih sblmnya ya mbak

  3. Pindahan dari batam. Alhamdulillah kmrn dah daftar di PD3 jg. InsyaAllah ntar kita ketemuan ya bun, tp skrg saya msh di btm. Misscalled atau sms ke no saya diatas ya bun..terimakasih

  4. salam kenal. Saya juga rencana nya mau pindah ke balikpapan. Lagi nyari sekolah buat anak saya yg SD n SMp. Boleh tau info nya donk kalo masuk SD PD 1 atau SD PD 3 itu kena biaya berapa ya? n SPP nya berapaan ya? hehehe….. tq yaaa

  5. Hallo Bundaa.. rencana saya dan kel mau pindab balikpapan juga.. bisa bantu share ttg smua2 balikpapan? Minta tolong wa bisa Bun? Ngarrp bgt nih. Soalnya buta sama skali hehe.. malasihh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s