Jalanan di Kota Balikpapan

naik turun berbukit-bukit

jalan berbukit naik-turun

jalanan tertib

Pak Polisi siap mengatur lalu lintas kota

 

Salah satu yang membuat saya terkagum-kagum dengan kota Balikpapan adalah lalu lintasnya yang sangat tertib. Jalan favorit saya adalah Jl. Jendral Sudirman karena setiap hari saya mondar-mandir di jalan itu. Jalan Jend. Sudirman panjang dan lurus,ujungnya di daerah kilang minyak pertamina. Jalannya besar, banyak zebra cross untuk para penyeberang jalan. Di sini penebrang jalan dihargai sekali, pengendara mobil dan motor akan menghentikan kendaraannya apabila ada orang yang akan menyebrang jalan di zebra cross.

Setiap hari Senin-Jumat pagi, terlihat Pak Polisi di setiap zebra cross dan setiap persimpangan, saya belum lihat ada pak ogah di sini. Kalau ada orang yang mau menyeberang jalan, maka Pak Polisi akan membantu, begitu juga di setiap persimpangan, Pak Polisi yang mengaturnya.

Yang agak mengkhawatirkan itu pengendara motornya, suka nekad, jadi sebaiknya waspada dengan pengendara motor. Kadang para angkot juga, tapi gak separah pengendara motor.

Jalanan di kota Balikpapan sebagian besar berbukit-bukit,naik-turun. Kayaknya hanya jalanan di pusat kota saja yang lurus dan mempunyai permukaan datar. Saat ini di beberapa ruas jalan terlihat penumpukan kendaraan alias macet sedikit, karena ada jalan yang sedang diperbaiki, misalnya di Jl. MT. Haryono, sedang ada perbaikan jembatan.

Asyik menyusuri jalanan kota Balikpapan ini, dan memang kebetulan saya hobby jalan-jalan, jadinya cocok ya!

One thought on “Jalanan di Kota Balikpapan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s