Ngidam Cireng

CIRENG adalah makanan khas daerah Bandung dan sekitarnya yang terbuat dari tepung kanji yang digoreng, sesuai dengan namanya Cireng artinya aCi DigoReng (aci = tepung kanji or tapioka). Rasanya kenyal dan gurih. Biasanya cireng ini bisa kita temui di tukang jualan gorengan di pinggir jalan, sepaket dengan bala-bala,gehu dan pisang goreng. Karena penggemar Cireng semakin banyak, saat ini Cireng juga bisa kita temukan di mall-mall (naik pangkat ya!) dan pastinya setelah masuk ke mall harganya pun harga ala mall,aliyas lebih mahal,ketimbang kalau beli di pinggir jalan.

Jaman dulu, cireng digoreng polos,tapi seiring dengan perkembangannya jaman orang-orang semakin kreatif, memodifikasi cireng dengan bermacam-macam isi yang enak,jadilah cireng isi. Bisa isi keju,sosis,kornet,ayam,atau bumbu kacang yang rasanya pedas. Saya pertama kali menemukan cireng isi di pelataran Mejid Salman ITB Bandung. Yang jual ibu-ibu, dulu sih hanya dia yang jual cireng satu-satunya di situ. Ibu ini menjual cireng isi, bentuknya pun berbeda-beda sesuai dengan isinya. Rasanya enak dan harganya murah sekali, 1 pcs hanya Rp 1000,-. Setiap kali main ke Mesjid Salman ITB, saya selalu absen untuk beli cireng ke ibu itu🙂.

Nah, cireng yang ada di mall-mall biasanya cireng isi. Harganya mahall….1 pcs bisa Rp 4000,-. Sekarang banyak juga orang yang mendalami usaha jualan cireng isi, baik di sekolah-sekolah, maupun di mini market.

Sejak pindah ke Balikpapan, saya kok gak pernah menemukan cireng dijual di tukang jualan gorengan. Dan kok bisa juga ya beberapa hari yang lalu saya ‘ngidam’ banget pengen makan cireng? Karena gak tau yang jual cireng di sini dimana, akhirnya cari-cari resepnya lewat Mbah Google. Dapat resepnya dari Milis NCC🙂. Langsung saya beli bahan-bahannya dan praktek. Saya pikir membuat cireng itu susah, eh ternyata guampang!!!

Cireng perdana buatan saya dibantu sama dua jagoan keci yang bikin dapur jadi berantakan…hihihihi…*tepung bertebaran dimana-mana* berhasil kami buat dengan sedikit kelamaan di penggorengan, jadi warnanya coklat-coklat gitu, eh tapi bukan gosong loh ya! Kami beri isi keju dan bumbu kacang. Rasanya enaaaakkkk!!! *horreee!!* Saking kangennya sama cireng, begitu selesai digoreng sisa tinggal beberapa biji lagi🙂. Anak-anak juga doyan🙂.

Ada yang penasaran sama cireng isi buatan saya? Silahkan pesan sama saya,terima pesanan kok….hehehehe….

6 thoughts on “Ngidam Cireng

    • kalo Salome, di Bandung disebutnya CiLok (Aci di Colok), bahan dasarnya sama dari tepng kanji/aci dibikin bulat2 lalu direbus dan dimakan pakai saus kacang yg pedas🙂 Nanti deh saya foto kl saya bikin CiReng lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s