19 Oktober 2012

Aku tau hari ini mereka akan kembali mengunjungi dokter dengan membawa hasil lab.
Malamnya hati sebetulnya gak tenang, tapi aku paksakan tidur, dan tiba-tiba aku terbangun oleh suara dering whatssapp dari hp. Aku langsung bangun dan membaca pesan dari adikku yang sedari tadi memang aku tunggu-tunggu.
“Hepatitis C 90%”
…….Lemassss rasanya sekujur tubuhku, kubaca berulang kali, berharap apa yang kubaca tadi itu salah karena mataku masih baru bangun tidur……..
Namun kubaca sekali lagi ternyata benar, itu yg tertulis😦

Jantungku berdegup kencang sekali saat itu….pikiranku melayang-layang, mengingat cerita sejarah kelahiran diriku di dunia.

“Setelah kamu lahir, mama pendarahan banyakkkk sekali, nyaris jiwa mama nggak tertolong saat itu, mama pingsan dan tidur nyenyakkkk sekali, kemudian suster menampar wajah mama berulang kali, mama nggak boleh tertidur katanya….beratt sekali untuk sadar kembali dari tidur, tapi suster terus menampar wajah mama, menyuruh mama bangun.”
“Tak lama setelah itu mama kekurangan darah dan harus mendapatkan transfusi, waktu itu kejadiannya tengah malam, untuk mendapatkan kantung darah yang banyak dan cepat sangat susah, tapi alhamdulillah Kakek saat itu jadi kepala perawat di RS tersebut, Kakek segera mengumpulkan para perawat anak buahnya, barang siapa yang memiliki darah O diminta untuk mendonorkan darahnya.”

Malam itu nyawa Mama bisa diselamatkan, tapi beberapa hari kemudian sekujur tubuh Mama berwarna kuning, dan setelah diperiksa, ternyata Mama positif hepatitis.
………….Di sinilah awal petaka itu terjadi……………
Rupanya darah salah satu pendonor mengandung virus hepatitis C😦😦😦

Aku sudah boleh dibawa pulang, tapi Mama masih harus menginap di RS agak lama, Aku diurus oleh Nenek dan Tante, karena Bapak sibuk mengurus Mama dan dinas.

Selang beberapa tahun setelahnya, ketika aku sudah SD, Mama pernah juga dirawat berbulan-bulan di RS, waktu itu aku nggak ngerti kenapa Mama sering sekali sakit dan dirawat di RS. Yang aku ingat, sepulang sekolah atau menjelang sore setelah istirahat siang aku selalu mengunjungi Mama di RS.

-Mama hidup bersama virus hepatitis C yang sedang tidur selama 34 tahun!

Seminggu yang lalu, aku telpon Mama, setelah agak lamaa aku nggak denger suara Mama. Sebelumnya nggak ada kabar apa-apa, semuanya sehat-sehat di Bandung. Di telpon Mama cerita, kalau dia agak kurang enak badan selama seminggu ini, badannya demam dan mual dan setelah cek SGOT/SGPT, ternyata nilainya di atas normal : 150. Atas pertimbangan dan saran dari sana-sini, akhirnya Mama ada niat mau mencari dokter spesialis hepatologi.

Pertemuan pertama dengan dokter, Mama diperiksa fisik dan usg lever, dilihat dari usg, menurut dokter lever Mama agak bengkak, kemudian dokter menyuruh Mama agar melakukan tes lab. Dan hasilnya, adalah yang kubaca barusan di hp😦

Tangisku langsung meledak….tubuhku lemas lunglai…..hatiku rasanya seperti diiris-iris😦

Mama harus menjalani tes lab lagi. Dan hasilnya harus menunggu 2 minggu lagi, nanti berdasarkan hasil tes lab itu akan ditentukan apakah Mama harus menjalani biopsi atau tidak.

Aku berharap hasil tesnya bagus dan Mama segera mendapatkan pengobatan dan sembuh,amin.

Ma, andai dekat, aku ingin sekali menemani Mama, mendengarkan semua cerita Mama, mijetin kaki Mama, bantuin semua pekerjaan Mama, anterin Mama ke dokter dan menemani kemana pun Mama pergi.
Aku lagi jauh sekali dari Mama, hati ini seperti diiris-iris…..sakit sekali. Aku hanya bisa mendengar suara Mama lewat telpon😦
Aku nggak mau kehilangan Mama, Mama yang sudah berkorban nyawa untuk hidupku, Mama yang selalu ada dan menolong dikala aku kesusahan.

Ya Allah. yang Maha Pengasih dan Penyayang, tolong jaga Mama ku, sembuhkan penyakit Mama, sehatkanlah seperti sedia kala, amin.

………………bersambung…………..

3 thoughts on “19 Oktober 2012

Leave a Reply

