Ayo HEMAT AIR !!

Ada yang tau tanggal 22 Maret itu hari apa ?

Tanggal 22 Maret oleh PBB ditetapkan sebagai Hari Air Sedunia.Meskipun hari ini jauh dari tanggal 22 Maret, gak ada salahnya mengingatkan bertapa pentingnya berhemat air.

Air sangat penting bagi kehidupan kita sehari-hari. Bayangkan jika tidak ada air, kita tidak bisa mandi, mencuci masakan, memasak, minum dst. Menurut penelitian, manusia sanggup hidup sebulan tanpa makan, tapi tidak akan sanggup hidup tiga hari tanpa air.

Ternyata, air bersih yang bisa dikonsumsi dengan mudah hanya ada 1 % di permukaan bumi ini dan air tersebut harus dipakai setiap hari oleh penduduk bumi yang jumlahnya kurang lebih 6 milyar ini.

Sejak tinggal di Balikpapan saya baru bisa merasakan gimana rasanya mati air selama berhari-hari. Hal ini baru pertama kali saya rasakan seumur hidup. Saya panik, karena rumah saya nggak punya tandon penampungan air. Menderita sekali deh, dan nanti kalau airnya mulai mengalir, biasanya sangat kotor, berwarna coklat. Bagaimana bisa digunakan untuk memasak, mandi atau kumur-kumur dengan air seperti itu?

Air menjadi sesuatu yang berharga untuk saya. Sejak merasakan mati air, saya pun mencari referensi bacaan disana-sini mengenai air, terutama air bersih yang digunakan oleh kita sehari-hari. Dan faktanya seperti yang saya tulis di atas, hanya 1% air bersih yang tersedia di bumi ini yang mudah kita pakai. Dari sini saya bertekad untuk mulai menghemat air bersih.

Langkah yang saya lakukan di rumah adalah :

1. Mematikan keran air jika tidak dipakai.

2. Membuka keran air secukupnya ketika mencuci piring dll.

3. Mengajarkan anggota keluarga tentang pentingnya berhemat air bersih.

4. Mengajarkan anggota keluarga cara berhemat air bersih.

5. Menampung air bekas bilasan cuci baju, airnya bisa digunakan untuk membanjur toilet sehabis dipakai, atau untuk mencuci mobil.

6. Menampung air cucian sayuran dan beras, untuk dipakai menyiram tanaman.

7. Memeriksa keran,jangan sampai terjadi kebocoran, kalau ada yang bocor segera diperbaiki, kalau tidak bisa diperbaiki, air bocoran ditampung dan saya masukkan ke dalam bak mandi.

Rumah yang saya tempati ini adalah rumah dinas, fasilitasnya minim dan karena hanya akan ditempati dalam jangka waktu yang pendek (bakalan dipindahin lagi), kami gunakan peralatan seadanya, seperti ember-ember yang tersedia di rumah kami saja. Kadang-kadang kami kehabisan ember untuk menampung air. Namun usaha untuk berhemat air tetap kami usahakan semaximal mungkin.

Untuk saat ini baru 7 langkah tersebut yang saya lakukan di rumah untuk menghemat air bersih. Sekarang saya betul-betul sayang sama air, setiap tetesnya sangat berharga dan jangan sampai air tersebut terbuang sia-sia.

Yuk kita hemat air !!!

2 thoughts on “Ayo HEMAT AIR !!

Leave a Reply

