GT Balikpapan w/ Toge Aprilianto

Balikpapan, 22 November 2012

Balikpapan, 22 November 2012

Semua berawal dari rasa penasaran saya membaca beberapa ‘note’ milik Toge Aprilianto dari FaceBook yang di-share oleh teman-teman saya. Note yang ditulisnya mengenai pemahaman konsep parenting. Jujur, membaca beberapa note-nya membuat dahi saya berkerut-kerut dan termangu-mangu, kalau bahasa twittland-nya : #JLEB banget!!! (hehehe :)), kena langsung ke hati. Karena saat ini saya sedang mengasuh kedua buah hati saya yang sedang lucu-lucunya dan konsep asuh didik yang saya terapkan pada mereka masih acak-acakan banget. Sehingga sering terjadi error.

Sebetulnya lama juga tuh saya ikuti FB-nya Pak Toge ini, jadi pembaca setianya, sampai akhirnya saya diajak seorang teman untuk bergabung dengan milis SB (Saling Belajar). Gabung di milis SB baru setengah tahun belakangan, menjadi member pasif, yang kerjanya hanya membaca dan membaca tanpa banyak bertanya atau sumbang saran😀. Masih banyak yang nggak saya mengerti sebetulnya, karena saya member baru dan belum hafal betul kebiasaan di milis yang baru saya ikuti ini.

Sebetulnya Pak Toge menyediakan perpustakaan di sitenya : http://sites.google.com/site/gesblu/ , disana kita bisa baca-baca dan pelajari contoh-contoh kasus yang pernah dibahas di milis. Tapi saya jarang mampir ke perpus karena susah buka laptop sering buka laptop, tapi harus rebutan sama anak-anak😦 . Jarang bukan berarti nggak pernah, saya pernah juga baca-baca sedikit. Karena masih penasaran dan supaya lebih akrab mengenal konsep parentingnya pak Toge, akhirnya saya pesan buku karyanya yang berjudul “Saatnya Melatih Anakku Berpikir”.

Jujur saja, membaca buku fiksi lebih mudah untuk dicerna dibandingkan dengan membaca buku psikologi🙂. Tapi demi memperbaiki praktek parenting yang saya jalani selama ini terhadap anak-anak, saya pun  berjuang untuk mengkhatamkan buku ini, dan hasilnya……banyak yang saya nggak mengerti, meskipun dahi saya bertambah kerutannya dan leher agak pegal karena banyak termanggu-manggu…hehehe🙂. Yah, namanya juga usaha.

Eh, kok kemudian kebetulan banget, dapet kabar dari member SB yang tinggal di Samarinda, mengenai rencana GT ke Samarinda. Nah loh istilah apalagi ini GT? GT artinya GeTour, adalah kegiatan konsultasi privat yang dilakukan oleh Pak Toge, caranya patungan dengan teman-teman lain yang berminat ikut. Jadi ngga ada panitia, semua dilakukan secara gotong royong. Semula Pak Toge hanya akan ke Samarinda untuk mengisi seminar parenting dan sesi privat, tapi kemudian karena di Balikpapan ada yang berminat juga, akhirnya pak Toge mampir dulu GT di Balikpapan sebelum ke Samarinda.

Pak Toge datang ke Balikpapan pada hari Kamis, 22 November 2012, membuka 5 sesi saja dari siang sampai malam. Kesempatan langka ini tidak saya sia-siakan, saya langsung ambil dua sesi untuk konsultasi anak-anak🙂. Dari sesi konsultasi ini terungkap hal-hal yang tidak saya ketahui sebelumnya mengenai anak-anak saya. Kaget juga dengarnya, masa sih? Kok bisa ya?
Kesimpulannya, anak-anak saya ini sebetulnya pada tahapan siap, tapi belum sanggup berjuang, karena orang tuanya selama ini tidak bertindak sebagai fasilitas belajar, melainkan selalu memberikan apa-apa secara gratisan. Nah loh! Jadi harus gimana donk? Jadi, setelah diberi informasi oleh Pak Toge mengenai anak kita yang sebenarnya itu bagaimana, ini adalah kunci buat ortu berupa bahan mentah yang kemudian harus diolah. Panduan mengolah bahan mentah ini ada di dalam buku “Saatnya Melatih Anakku Berpikir” yang isinya tentang pemahaman konseptual parenting berikut paparan tentang keterampilan hidup yang perlu dikuasai anak, dan rute asuh-didik yang dipaparkan berdasarkan kelompok usia.

Artinya, setelah ikut GT saya jadi punya banyak pekerjaan rumah (PR). Harus belajar ‘berdagang’ dengan anak, harus bolak-balik baca bukunya dst. Saya bersyukur diberi oleh Tuhan kesempatan untuk bertemu Pak Toge, banyak hal baru yang saya pelajari dan banyak yang terungkap mengenai anak-anak, yang selama ini tidak saya ketahui. Saat ini saya masih terus mencoba menerapkan apa yang sudah saya dapat, belum mulus, masih banyak errornya, tapi insyaAllah harus dicoba terus. Thanks a lot Pak Toge🙂.

10 thoughts on “GT Balikpapan w/ Toge Aprilianto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s