#5 Aerobik

Sebulan sudah saya dan teman-teman sesama ibu yang rajin nungguin anaknya sekolah punya kegiatan baru, yaitu ikut senam aerobik🙂 . Senamnya di kantor PWP (Persatuan Wanita Patra), yang kebetulan lokasinya dekat dengan sekolah anak-anak. Jadwalnya seminggu tiga kali, hari senin-rabu-jumat. Waktunya satu jam dari pukul 8 – 9 pagi. Pas banget ya, lokasi,waktu dan biayanya terjangkau semua, ini salah satu alasan saya kenapa ikut serta dalam kegiatan baru ini.

Pertimbangannya dari pada hanya duduk-duduk ngobrol ngalor ngidul gak tentu arah, lebih baik berolah raga. Apalagi yang namanya ibu-ibu, setiap hari pasti capek sekali mengurusi urusan rumah tangga, meskipun capek rutinitas tersebut malah bisa membuat ibu menjadi tidak sehat. Maka dari itu perlu ditambah dengan olah raga secara rutin. Olah raga berbeda dengan kegiatan misalnya mengepel,nyapu, masak atau bersih-bersih rumah.

Olah raga aerobik memiliki manfaat diantaranya “Untuk meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru serta membakar lemak yang berlebihan di tubuh karena aktifitas gerak untuk menguatkan dan membentuk otot dan beberapa bagian tubuh lainnya, seperti: Pinggang, Paha, Pinggul, Perut dan lain-lain. Meningkatkan kelenturan, keseimbangan koordinasi, kelincahan, daya tahan dan sanggup melakukan kegiatan-kegiatan atau olah raga lainnya. Bila seseorang mempunyai motivasi untuk berlatih rutin dapat merupakan suatu program penurunan berat badan” (dikutip dari sini : http://central-education.blogspot.com/2011/10/pengertian-dan-manfaat-senam-aerobik.html)

Wuiih keren juga ya manfaat senam aerobik ini, apalagi kalau dilakukan secara rutin disertai dengan pengaturan makan yang seimbang, pasti sehat dan langsing🙂.

Untuk urusan langsing buat saya sih itu bonus, tujuan utama saya ikut senam aerobik adalah untuk menjaga agar tubuh saya tetap bugar dan sehat. Bulan ini dua kali saya ‘kumat’ mendadak nggak bisa nafas dan sekali dilarikan ke UGD tengah malam, saking paniknya nggak bisa nafas. Ternyata menurut dokter saya mungkin pikirannya terlalu tegang dan tekanan darah agak tinggi. Jam tidur saya kurang, karena saya memang sulit tidur. Dokter menganjurkan saya untuk berolah raga secara teratur, untuk menjaga kesehatan fisik dan jiwa saya, karena salah satu fungsi olah raga adalah untuk rekreasi.

Yang saya rasakan setelah sebulan ini selama 3 kali seminggu mengikuti aerobik, badan saya jauh lebih sehat dan bugar. Sudah tidak susah tidur dan bisa tidur nyenyak.

Pernah dengar kalau olah raga itu bikin ketagihan, rasanya saya mulai ketagihan ikut aerobik, apalagi setiap kali pertemuan diselingi belajar tari cha-cha dan salsa, bisa bikin badan saya lentur nggak kaku-kaku lagi🙂 .

4 thoughts on “#5 Aerobik

  1. Pingback: #150minutesworkoutbbi | Tantangan 4 Minggu Berolah Raga | Bagian #1 – Coretan IraI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s