Rangkuman Live Chat #TanyadrWati 28/05/2013 di @ParentingINA “Batuk”

Siapa yang anaknya pernah Batuk? Pasti semua sudah pernah mengalaminya. Kasihan ya kalau si kecil batuk, gak tega karena tidurnya jadi terganggu, belulm lagi nafasnya jadi terdengar grok grok dan ada juga yang sering muntah-muntah karena sedang batuk. Obat apa sih yang ampuh untuk menangani batuk si kecil? Betulkah Nebu atau Inhalasi diperlukan untuk anak yang sedang batuk?

Nah, kemarin di twitternya Majalah Parenting Indonesia @ParentingINA ada acara #TanyadrWati membahas tentang “Batuk”. Langsung dijawab oleh dr Purnamawati, SpAK,MMPed.
Lebih jauh tentang batuk bisa dibaca di sini
Batuk
Batuk Pilek

Berikut ini rangkuman live chat #TanyadrWati di @ParentingINA :

Q : Mau tanya apa ciri2 batuk karena alergi?Krn sdh 1 minggu batuk on&off. Batuk kering, biasanya sblm tdr.
A : ciri2nya tanpa demam, anak tetap aktif tidak ada perubahan

Q : Dok, apakah madu bisa mengatasi batuk pada anak?
A : sebetulnya yg paling dibutuhkan saat batuk adalah air hangat

Q : Apa ada cara lain selain m’berikan obat pd anak yg bapil?Krn sebisa mgkn m’hindari pemberian obat
A : jgn anti obat.bila butuh obat ya hrs minum obat dg rasional. Batuk pilek akan sembuh sendiri saat dahak sudah habis

Q : Anak saya setiap kali batuk kering terlihat kesakitan. Bagaimana meredakan n melegakan pernapasannya?
A : di awal ISPA batuknya belum banyak dahak. Fluid (cairan) dan ruang lembab akan membantu

Q : kalu batuk ga ada demam tapi malem suka muntah gtu krn batuknya
A : batuk tanpa demam kemungkinan besar karena alergi, jika dahak banyak, otomatis anak akan muntah. dahak masuk lambung sehingga mual, beri minum 10 menit setelah muntah.

Q : kalo susah di kasih air putih susuin aja boleh kan ya?
A : boleh banget. Justru asi adalah fluid terbaik buat bayi yg batuk

Q : dok,baby 6bln,batuk banyak salem boleh diuap tdk?krn ada yg bilang tdk,krn baby belum bisa buang dahak.gimana dok?
A : uap bukan buat batuk berdahak melainkan untuk asma, jgn takut dahak tdk bs keluar , karena setiap kali batuk, dahak terpental keluar dari saluran napas lalu tertelan ,bayi wheezing bukan asma,biasanya infeksi virus yg disebut bronchiolitis. kalo ringan tidak perlu uap

Q : batuk yg berbahaya & perlu antibiotik yg sprt apa?
A : 1. pneumonia 2. pertussis (batuk rejan/batuk 100 hari) bila anak sudah DPT tidak perlu khawatir terhadap pertussis

Q : Anak sy 6 tahun sering banget batuk dan pilek,pernah ronsen,diagnosa bronchitis.ada alternatif lain selain minum obat terus?
A : kebanyakan bronchitis kronis penyebabnya alergi, tdk butuh obat sesekali pergi ke daerah pedesaan yg sepi polusi

Q : Apa beda batuk pilek krn alergi & batuk pilek krn virus? Pengobatan yg tepat utk batuk pilek krn alergi
A : batpil alergi tanpa demam&anak tetap aktif, ceria seperti biasa. Selama anak tdk sesak tdk perlu cemas

Q : Dr. saya mau tanya seberapa bahaya atau pengaruhnya asap rokok untuk kesehatan si kecil, dapatkah mengakibatkan batuk ?
A : perokok pasif beresiko tinggi kanker paru. Asap rokok jg menyebabkan bronchitis kronis dan batuk2

Q : untuk membantu mengencerkan dahak pada bayi bagaimana? apa setiap batuk perlu AntiBiotik?
A : Pengencer dahak terbaik adlah Fluid, Asi. Batuk tdk btuh AB kecuali Pnemonia dan Pertussis

Q : anak 3.5y sdh 1.5 bulan batpil non-stop.Mungkin ada faktor alergi. bisa ada komplikasi ke paru dok?
A : Apabila anak baik-baik saja dan tidak sesak napas. Tidak menyebabkan infeksi paru-paru
Q : tdk sesak.Ada demam awalnya.mungkin pingpong virus dengan kakaknya.khawatir komplikasi ke bronkhitis krn dahak banyak
A : Jgn takut, dahak tdk sebabkan bronchitis. Bronchitis akut adlh infeksi virus yg ditandai produksi dahak yg tinggi
Q : seperti ada siklusny demam-btk parah-membaik-batuk gatal lagi-membaik-gatal lagi-batuk lagi.yg trakir ini menetap 2 minggu . kalau dahak banyak tapi tdk sesak, tdk perlu khawatir bronkhitis atau ‘nanti’nya akan kearah sana ya dok?
A : Tidak akan menjadi bronchitis

Q : Dok, adek kakak, kalo yg 1 batuk, mesti yg lainnya nyusul
A : Kalo itu ISPA itu pasti menular. Ajak anak cuci tangan dan pakai masker

Q : ciri2 batuk yg butuh AntiBiotik?
A : Pnemonia cirinya:demam,batuk,SESAK NAPAS. Pertussis:demam,batuk super kuat&lama. Lihat di www.mayoclinic.com

Q : Tobi, anak saya 5 th 8 bulan suka batuk2 kalo sehabis bermain, keringatan.Sepanjang mlm hidung mampet
A : Coba browsing Rhinitis allergy di www.mayoclinic.com

Q : Gabriella 2th, apakah batuk bs sebabkan bb ga naik? dan apa bs trmsk ciri2 TB? bgmn mengatasinya?
A : Kebanyakan batuk sembuh sndiri tidak sebabkan BB turun. Gejala TB bs baca di CDC, WHO, Mayoclinic

Q : sebenarnya bgmn mencegah spy anak tdk mdh terserang batuk?
A : Batuk adlh pemberian Tuhan. Refleks yg akan muncul jika ada yg mengganggu saluran napas. Batuk itu baik

Q : bgmn menangani/merawat anak yg terserang batuk? Baik batuk kering atau berdahak? Apa saran & pantangannya?
A : Beri cairan lbh sering,AC sering dimatikan,pikirkan penyebabnya(infeksi virus),tdk usah cemas,amati ada tdknya kegawat daruratan

Q : kalo ada bapil hrs bgimn biar lekas sembuh? Krn cuaca skrg sdg tdk bgs, jd apa yg hrs dilakukan
A : Tidak ada obat atau vitamin agar anak lekas sembuh. Apabila anak baik2 saja tidak perlu khawatir

Q : anak saya 23bln kdg suka bapil,suka diberi obat Rhinos drop & Epexol drop,blh apa tdk srg mnm obat itu
A : Tidak ada obat batuk dan pilek yg boleh diberikan kpd anak di bwh 6 tahun

Q : pakah diatas 6thn boleh minum obat batuk pilek?
A : Tidak perlu

Q : Dok, katanya kalo batuk pilek kelamaan bisa jadi sinusitis ya?
A : Tidak benar. Sinusitis umumnya terjadi karena alergi #

Q : jadi biarkan saja ya dok, smp sembuh dgn sendirinya?Anak msh aktiv,ayah ada asma ibu alergi,kuatir
A : Tidak diberi obat bukan berarti dibiarkan tetapi observasi ke gawat daruratan dan cari apa penyebabnya

Q : Apa beda batuk pilek krn alergi & batuk pilek krn virus? Pengobatan yg tepat utk batuk pilek krn alergi
A : sesekali ajak anak ke daerah yang minim polusi

Q : bagaimana cara memilih obat batuk yg tepat utk anak ?
A : Jgn beri obat batuk. karena batuk bukan penyakit, batuk tidak ada obatnya. Cari tahu penyebabnya

Q : apabila ada penurunan nafsu makan dan berat badan harus minum obatkah dok?
A : Tidak. Wajar sekali jika terkena infeksi virus kita tidak nafsu makan. Nantinya akan kembali sendiri

KESIMPULAN :
1. Batuk adalah ANUGERAH karena batuk merupakan repleks perlindungan yang amat sangat penting fungsinya. Jgn takut pada batuk
2. Batuk TIDAK berbahaya; TIDAK mematikan. Batuk tdk menyebabkan paru-paru basah, tidak menyebabkan TBC (sering dijuluki, flek)
3. Jangan konsumsi obat u/ menghentikan batuk. Jangan mengonsumsi pengencer dahak.
4. Tingkatkan asupan cairan agar dahak tidak kental dan batuk menjadi lebih ringan. Selanjutnya, pikirkan penyebab batuknya
5. Pada anak, penyebab batuk umumnya krn ISPA, Infeksi virus. Gejala:demam, pilek, batuk &umumnya muntah. Tdk perlu antibiotik
6. Tidak diberi obat bukan berarti dibiarkan tetapi observasi ke gawatdaruratan dan cari apa penyebabnya
7. Dibawa ke dokter bila batuk dibarengi sesak, dehidrasi dan tidak sadar. Tidak perlu obat bebas dan obat resep1.
8. TIDAK ada yg namanya obat batuk, tdk ada jg yg namanya obat pilek. Pelajari tatalaksana batuk pada anak di web WHO (IMCI).

Batuk merupakan bagian dari kehidupan balita sehari-hari. Batuk adalah salah satu refleks pertahanan tubuh. Berkat batuk, paru-paru ‘bersih’ dari dahak. Selama ada infeksi, selama banyak dahak, justru harus batuk. Perbanyak asupan cairan karena cairan akan mengencerkan dahak sehingga mudah dibatukkan. Jangan konsumsi obat maupun herbal untuk hentikan batuk

.

Oke, selamat membaca, selamat belajar, semoga bermanfaat🙂

2 thoughts on “Rangkuman Live Chat #TanyadrWati 28/05/2013 di @ParentingINA “Batuk”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s