Sikat Gigi Sebelum Tidur

pasukan sikat gigi

pasukan sikat gigi

Ketika masih kecil saya punya pengalaman yang sangat tidak bagus dengan GIGI saya. Yup, gigi saya jelek, berlubang, keropos dan saya sering banget sakit gigi. Konon yang menyebabkan gigi saya jelek karena sejak kecil saya kuat ngedot (minum susu dari dot), suka makan makanan manis seperti permen dkk, dan malas sikat gigi.

Rasanya menderita sekali kalau sudah sakit gigi, pipi saya bisa sampai bengkak dan saya menangis terus sepanjang hari. Parahnya, saya juga takuttt sekali diajak ke dokter gigi. Membayangkan peralatan yang ada di tempat dokter gigi membuat saya ngeri, apalagi kalau gigi harus dibor atau dicabut hiyy serem!!

Bayangkan bertapa menderitanya saya saat itu, langganan sakit gigi😦 . Tapi ketika beranjak remaja, gigi saya sudah lumayan bagus dan jarang sakit gigi. Soalnya saya mulai merawat gigi saya dengan rajin menggosok gigi dan datang ke dokter gigi *saya sudah gak takut lagi ke dokter gigi*.

Karena punya pengalaman pahit dengan sakit gigi, ketika sudah punya anak sejak anak-anak masih kecil saya berusaha merawat gigi anak-anak dengan baik. Alhamdulillah anak-anak gak ada masalah dengan gigi. Kebetulan mereka sejak kecil gak dibiasakan ngedot, gak ngemil permen dan makanan yang manis-manis, dan saya biasakan untuk rajin sikat gigi.

Rutinitas menyikat gigi anak-anak dilakukan sembari mandi, tapi sebetulnya aturan main menyikat gigi yang benar adalah sehari 2x pagi dan malam sebelum tidur. Kenapa harus sikat gigi malam sebelum tidur itu penting? Rupanya gigi yang tidak dibersihkan sebelum tidur akan membuat kuman senantiasa berkembang biak dan menumpuk. Kuman berkembang biak saat malam hari karena produksi air liur yang mengandung zat antibakteri berkurang. Padahal, air liur berfungsi mengurangi tingkat keasaman di mulut sehingga jika gigi tidak dibersihkan kuman-kuman akan lebih mudah dua kali berkembang biak dan menyebabkan kerusakan gigi.

Nah, ini nih yang menjadi tantangan buat saya adalah menanamkan kebiasaan sikat gigi sebelum tidur.Susah-susah gampang sih awalnya, dan saya pikir peran ortu sangat penting untuk membiasakan hal ini. Kalau ortunya ogah-ogahan, sudah bisa dipastikan anaknya juga pasti ngikut. Jadi,ortu harus jadi contoh buat anak-anaknya.

Sebetulnya kalau kita membiasakan sejak mereka masih kecil-kecil akan jauh lebih mudah dibandingkan nunggu mereka besar. Dan kebetulan saya membiasakan sikat gigi sebelum tidur ke anak-anak adalah sejak mereka masih balita.

Saya mengawali kebiasaan sikat gigi sebelum tidur dengan mendisiplinkan diri saya sendiri terlebih dahulu. Dulunya, saya juga males sikat gigi sebelum tidur,apalagi kalau sudah ada di atas tempat tidur, males mau jalan lagi ke kamar mandi. Tapi mengingat history saya dengan gigi saat masih kecil, menjadi motivasi saya untuk berusaha mendisiplinkan diri. Lama kelamaan saya merasa nggak bisa tidur kalau belum sikat gigi. Dan akhirnya saya pun terbiasa sikat gigi malam sebelum tidur.

Kebiasaan ini kemudian saya ajarkan ke anak-anak. Awalnya gak mudah ngajak anak-anak sikat gigi malam sebelum tidur. Saya menyiasatinya dengan banyak hal, diantaranya : membuat pasukan sikat gigi malam, memberikan reward kepada anak-anak yang rajin sikat gigi malam, mengajak mereka sikat gigi bareng, sikat gigi sebelum mereka ngantuk, sikat gigi pas selesai makan malam *perjanjian mereka nggak boleh makan lgi setelah sikat gigi* atau ‘jemput bola’ saya siapkan sikat gigi lalu saya berikan ke anak-anak pas mereka lagi nonton tv jadi sikat giginya di depan tv/tapi tetep kumur-kumurnya mah lari ke kamar mandi. *ini agak jorok yaa, jangan ditiru*

Alhamdulillah sampai detik ini rutinitas sikat gigi malam sebelum tidur berjalan lancar. Malah sekarang anak-anak yang suka mengingatkan saya terlebih dahulu untuk tidak lupa sikat gigi sebelum tidur. Dan sekarang anak-anak punya perasaan nggak enak kalau tidur gak sikat gigi dulu.

Selain berusaha disiplin sikat gigi, untuk menjaga agar gigi anak-anak tetap bagus,saya nggak membiasakan anak-anak makan makanan manis seperti coklat atau permen dan rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

4 thoughts on “Sikat Gigi Sebelum Tidur

Leave a Reply

