Ayam Ketawa

Akhir-akhir ini saya dan suami merasa terganggu dengan suara ayam tetangga. Ceritanya tetangga dekat rumah yang berasal dari suku Bugis ada yang baru punya hewan peliharaan, yaitu ayam jantan. Pasalnya si ayam selalu berkokok di luar jadwal biasanya. Secara awam yang kami ketahui, ayam itu berkokoknya di pagi hari ketika matahari akan terbit. Sedangkan si ayam tetangga ini berkokok sesuka hati dia sepanjang hari. Kadang-kadang tengah hari sedang terik-teriknya atau menjelang sore hari dia berkokok. Suara kokok ayam jantan ini juga terdengar berbeda dengan ayam jantan lainnya yang biasa kami dengar. Suaranya agak panjang dan diakhir kokokkannya terdengar seperti suara ketawa.

Jenis ayam jantan peliharaan tetangga ini namanya ayam ketawa. Kenapa disebut demikian? Karena suaranya teredengar seperti orang yang sedang tertawa. Konon ayam ketawa ini berasal dari Sidrap sebuah daerah di Makassar Sulawesi Selatan. Jaman dahulu, yang memelihara ayam ini hanyalah kaum keraton/kesultanan bangsawan Bugis, sebagai simbol “Keberanian”.

Wah, ternyata si ayam berisik ini keren juga ya….ayam ketawa ini termasuk hewan langka dan saat ini telah dibudidayakan dan disebarluaskan dengan tujuan supaya tidak punah. Nggak heran harga ayam ketawa cukup mahal, selain karena suaranya yang khas, dia juga memiliki bulu yang indah. Sayangnya saya belum melihat secara langsung, hanya mendengar suaranya. Mungkin si empunya ayam sengaja menyembunyikan ayamnya supaay tidak dicuri orang, ayam mahal bo!

2 thoughts on “Ayam Ketawa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s